Menteri Sandiaga Uno Kasih Bocoran Tips Sukses Jadi Pengusaha

Penulis : Maruf

PANGKALPINANG – TRASBERITA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno membagikan pengalaman dan tips sukses menjadi pengusaha kepada para santri di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bacaan Lainnya

Sandiaga menyampaikan hal tersebut ketika memberikan Kuliah Umum dan Sharing Session pada kunjungan kerja di Pondok Pesantren Hidayatus Sadikin Pangkalpinang. Kamis (11/8/2022).

Menparekraf Sandiaga mengajak para santri dan undangan yang hadir, untuk tidak berdiam diri dan terus berinovasi mengembangkan kreativitas pasca pandemi.

” Jangan pernah menyerah atau berdiam dir. Harus kreatif dan inovatif untuk mencari ilmu dan usaha. Karena dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. Di saat mendapatkan kesulitan harus menambah ilmu dan ketakwaan dan menyebarkan dengan memanfaatkan digitalisasi teknologi,” ujarnya.

Sandiaga Uno juga membagikan kisah suksesnya menjadi pengusaha dengan memakai rumus FAST.

“Konsep ini, saya sebut FAST. F dari fathonah (cerdas), A dari amanah, S dari siddiq (jujur) dan T dari tabligh (benar),” ungkap Sandiaga.

” Kita harus punya etos kerja 4 AS, kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas” lanjutnya.

Selain itu, Kata Sandiaga untuk meningkatkan kemampuan dalam menguasai teknologi, Kemenparekraf saat ini sudah mengembangkan program Santri Digitalpreneur Indonesia sebagai wadah untuk membantu para santri menguasai teknologi.

” Para santri harus mampu membuka wawasan keterampilan, fokus meningkatkan keterampilan pada bidang digital :” harap Sandiaga.

Dikesempatan yang sama, Sandiaga Uno juga mengajak para santri dan seluruh undangan yang hadir, untuk menggali potensi daerah di Bangka Belitung.

Selain kekayaan tambang, sumber kekayaan alam daerah seperti kuliner, wisata alam dan budaya dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi kreatif.

” Bangka Belitung punya kekayaan alam yang luar biasa tapi akan habis. Kita harus isi dengan usaha ekonomi kreatif yang sumber dayanya tidak pernah habis, yaitu imajinasi dan kreativitas kita,” pungkas Sandiaga.(tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *