18 Tahun Usia UBB Semakin Kembangkan Sayap Hingga ke Internasional

Laporan : Yulia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Universitas Bangka Belitung berdiri pada 12 April 2006. Sehingga kini kampus kebanggaan masyarakat Bangka Belitung ini genap sudah berdiri selama 18 tahun pada 12 April 2024 lalu.

Bacaan Lainnya

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Nizwan Zukhri menyebut bahwa dengan bertambahnya usia UBB kini maka berati bertambah pula perjuangan untuk terus membuktikan keberadaan dan kebermanfaatan UBB bagi seluruh masyarakat bangsa, negara bahkan dunia internasional.

“Karena tujuan UBB adalah untuk meninngkatkan kualitas sumberdaya manusia yang lebih baik. Karena hal ini juga sangat penting dalam menunjang pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari sisi pendidikan, kesehatan dan ekonomi,” ujarnya.

Keberadaannya UBB adalah sebagai ruang peningkatan kualitas SDM yang lebih baik khususunya di Babel, karena bisa dibayangkan ketika sebelum tahun 2006, anak-anak Babel kalau mau berbicara kuliah, maka pasti sudah mikirnya harus keluar daerah, namun setelah berdirinya UBB maka hal tersebut terjawab sudah, karena kondisi sekarang semakin banyak putra-putri Babel terbaik bahkan dari luar daerah yang tertampung untuk berkuliah di UBB.

Dalam perjalanan UBB di tahun 2006 itu baru hanya ada 12 program studi dengan 4 fakultas kemudian berkembang di tahun 2019 menjadi 20 prodi dengan 5 fakultas, hingga terus mengalami penambahan sampai di 2024 ini UBB sudah mempunyai 31 program studi termasuk untuk program strata 2 (S2).

Yang tentunya juga menjadi kebanggaan pula, karena tepat di Februari 2023 UBB resmi mendapatkan izin mendirikan fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan, yang mana fakultas kedokteran ini memang sudah cukup lama ditunggu oleh semua masyarakat Bangka Belitung.

Demikian juga dengan jumlah mahasiswa yang terus meningkat, hingga tahun 2024 sudah mencapai 9.000 orang dan alumni lulusan UBB sudah mencapai 7000 orang. UBB juga telah memiliki kurang lebih 300 orang tenaga pengajar atau dosen berkompeten.

Untuk bisa mencapai sampai ke titik ini, tentunya karena UBB ini juga terus berupaya meningkatkan effortnya yang luar biasa.

Diusia ke-18 tahun juga menjadi titik langkah UBB untuk terus meningkatkan kiprahnya hingga di kancah internasional sebagai kampus riset dan unggul membangun peradaban.

“Makanya dari tahun ke tahun UBB sudah semakin mengarahkan dan memperkuat langkahnya naik ke level internasional atau global, dengan merintis atau ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan di kawasan Asia, bahkan untuk prodi ilmu politik UBB juga sudah banyak melakukan kegiatan yang bekerjasama dengan lembaga internasional seperti di Norwegia dan sejumlah negara lainnya,” ujar Dosen Prodi Manajemen Universitas Bangka Belitung ini.

Ia berharap dalam mencapai tujuan mulianya untuk kemajuan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, UBB juga terus mendapatkan dukungan dari semua komponen masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan mitra kerja lainnya. (Tras)

Pos terkait