3200 Peserta UTBK-SNBT UBB Tahun 2024, Menanti Pengumuman Kelulusan 13 Juni 2024

Laporan : Yulia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, Dr. Nizwan Zukri, M.M memastikan bahwa seluruh tahapan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes ( (UTBK-SNBT) Tahun 2024 yang juga dilaksanakan UBB berjalan lancar dan sukses.

Pelaksanaan UTBK SNBT gelombang pertama tahun 2024 UBB Pangkalpinang dilaksanakan di Kampus Terpadu UBB Balunijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka dari tanggal 30 April – 7 Mei 2024 sedangkan UBB Belitung dilaksanakan 2 Mei, 3 Mei dan 4 Mei 2024. Sedangkan pelaksanaan UTBK SNBT gelombang II tahun 2024 akan dilaksanakan selama satu hari di tanggal 14 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Ia menyebut bahwa peserta UTBK-SNBT Tahun 2024 melalui UBB mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yakni mencapai 3.200 peserta. Para peserta saling berkompetesi untuk lolos di 26 program studi S1 dan 1 program studi Diploma 3 (D3).

Dengan peserta terbanyak yakni mengambil prodi management sedangkan untuk prodi dengan tingkat keketaaan tertinggi adalah di program S1 fakultas kedokteran. Artinya untuk tingkat persaingannya dari 23 peserta yang memilih prodi ini, maka hanya 1 orang yang akan diterima. Pengumuman kelulusan SNBT Tahun 2024 secara seretak di seluruh PTN di Indonesia akan di umumkan pada 13 Juni 2024 mendatang.

“Pelaksanaan UTBK-SNBT tahun 2024 memang lebih ketat dari tahun sebelumnya, salah satunya adalah mensyaratkan, misalnya bagi peserta yang telah lulus UTBK-SNBP namun ternyata tidak diambil, maka calon mahasiswa tersebut di pastikan tidak bisa mendaftar lagi di PTN manapun melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) maupun melalui jalur Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Kalau dulu mungkin masih bisa ikut jalur mandiri, tapi sekarang tidak bisa lagi, karena sudah dikunci,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong bagi semua peserta yang telah mengikuti tes dan dinyatakan lolos, agar tidak lagi menunda-nunda untuk melakukan proses registrasi ulang atau masa unduh sertifikat UTBK PADA dari tanggal 17 Juni – 31 Juli 2024.

”Jangan sampai nanti ada yang terlewatkan dari tanggal-tanggal yang telah ditentukan, karena ketika tanggal itu lewat, maka otomatis kelulusannya gugur,” terangnya. (Tras)

Pos terkait