Atasi Banjir di Parittiga, Pemkab Bangka Barat Siapkan Dana APBD Rp2 Miliar

BANGKA BARAT, TRASBERITA.COM — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk normalisasi sementara guna menangani banjir di beberapa titik  di Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dana sebesar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, di dampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Babar, usai meninjau beberapa titik di lokasi banjir di Kecamatan Parit Tiga, Selasa (24/1/2023) siang.

Diketahui, hujan turun dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir yang merendam sejumlah pemukiman warga, pasar dan jalan di Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (19/1/2023) pagi.

Wakil Bupati Bong Ming Ming mengatakan, secepatnya Pemkab Babar bakal tangani banjir yang melanda Kecamatan Parittiga. Saat ini pihaknya, sedang meninjau sejumlah titik aliran sungai di wilayah setempat.

“Yang jelas kita akan melakukan penanganan cepat dan tepat. Sehingga memberi solusi kepada masyarakat, agar tidak terkena banjir lagi. Anggaran sudah kami siapkan sementara ini sekitar Rp2 miliar dana APBD,” kata Bong Ming Ming.

Saat di lokasi banjir, Bong Ming Ming bersama jajaran meninjau sebanyak lima titik banjir, di antaranya  Pasar, Sungai perbatasan Desa Puput dan Desa Sekarbiru, dan beberapa titik lainnya.

“Kami masih lihat penyebab banjir ini. Apakah penyempitan aliran sungai atau apa. Saat ini kami masih mengkajinya. Untuk memetakannya kami akan gunakan dron untuk menelusuri alur sungai,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bong Ming Ming menyampaikan, kajian dan solusi nantinya seperti apa. Saat di lokasi peninjauan pihaknya melihat banyak penimbunan di aliran sungai. Sehingga terjadi penyempitan aliran sungai, untuk itu dirinya masih mencari solusinya.

Ada yang sudah jadi bangunan permanen, ada yang memang belum, dan kita akan lihat titik solusinya dimana penyempitan sungai sehingga mengakibatkan banjir,” ungkapnya.

Untuk mencari solusi dan penanganan banjir di Kecamatan Parittiga, pemerintah akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung guna membangun kolam retensi untuk solusi banjir ini. (*/tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *