Bagaimanakah Kisah Awal Dibangunnya Benteng Toboali ?

Penulis : Kulul Sari

TOBOALI, TRASBERITA. COM, –Fort Toboali, merupakan salah satu bangunan yang cukup bersejarah dan merupakan bangunan bekas basis pertahanan pemerintah kolonial Belanda.

Bacaan Lainnya

Benteng yang terbesar diluar pulau Sumatera, demikian informasi yang kami dapat, terletak di atas sebuah bukit dipinggir pantai sebelah utara kelurahan Tanjung Ketapang Toboali, dan katanya dibangun pada tahun 1825. Tapi ada juga yang mengatakan dibangun pada tahun 1757

Hmmm… bingung kan?
Nah, untuk membuka informasi tentang siapa yang membangunnya, untuk apa di bangun serta tahun berapa di bangun dan informasi lainnya tentang bangunan yang sangat bersejarah ini, komunitas Jelajah Bangka Indonesia bekerjasama dengan Pemkab Bangka Selatan dan didukung oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Kep. Bangka Belitung, PT. Timah Tbk, dan komunitas Bekaes Budaya akan menyelenggarakan Seminar Sejarah dengan tema “265 Tahun Benteng Toboali – Menguak Sejarah Benteng Terbesar di Luar Sumatera”

Mengambil momentum hari Pariwisata Internasional, World Tourism Day 2022 yang jatuh pada tanggal 27 September, acara ini akan digelar pada Ahad (25/9/2022) dimulai pukul 09.00 – 15.00, di Benteng Toboali, Bangka Selatan.

Acara akan dibuka oleh bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP, dengan menghadirkan narasumber ;
1. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek
2. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf dan
3. Dato’ Akhmad Elvian, DPMP, Sejarawan Bangka Belitung, Penerima Anugerah Kebudayaan.
Selain Narasumber tersebut, akan sebagai tamu undangan yakni
1. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi
2. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepri.

Bagi peserta yang penasaran dengan sejarah Benteng Toboali, silahkan mendaftar di Link Pendaftaran, https://bit.ly/3Dv2Es1 dan 265 peserta yang mendaftar di awal akan mendapatkan baju kaos

CP: +6289632967494
Kenali budayamu, cintai negerimu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *