Bos Roni Pemilik Tambang Belakang Mako Brimob Sewa Anggota TNI untuk Pengamanan, Al Ngaku Hanya Berteman

Tambang timah ini berada di belakang Markas Komando (Mako) Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung, Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah Ptovinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (1/12/2023). (Jb/tras)

 

Bacaan Lainnya

Penulis: Tim Jobber
BANGKATENGAH, TRASBERITA.COM — Nama salah satu oknum anggota Kodam II Sriwijaya Palembang, disebut-sebut terafiliasi dengan aktivitas tambang di sekitar Pantai Pan Semujur, Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalanbaru.

Oknum tersebut, di sebut-sebut terafiliasi dengan aktivitas tambang  milik salah satu pengusaha bernama Roni, untuk mengamankan jalannya aktivitas tambang yang telah berlangsung lebih dari satu tahun tersebut.

Informasi yang diperoleh Babelupdate.com jejaring Tim Jobber, menyebutkan tambang tersebut beroperasi di Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, dan sebagian di luat IUP PT Timah.

Tim Journalis Babel Bergerak (Jobber) yang sempat meninjau lokasi tambang pada Jumat (1/12/2023) mendapatkan informasi dari pos penjagaan tambang, bahwa pemilik tambang bernama Roni, warga Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Saat diminta alamat dan nomor handphone Bos Roni, penjaga dan beberapa pekejer di lokasi tambang mengaku tidak tahu.

Diakui sumber di lapangan, aktivitas tersebut telah berjalan lebih dari satu tahun, dan menggunakan alat berat sampai lima unit.

“Kalau pemilik tambangnya Roni. Tapi dia jarang ke lokasi, paling yang ke sini kuasanya. Kalau yang jaga keamanan di sini pak (A) (oknum anggota Kodam II Sriwijaya, red),” kata Sumber di sekitar lokasi area tambang, Jumat (1/12/2023).

Sementara akses menuju lokasi tambang ditutup dan dijaga. Terdapat portal dan pos penjagaan.

Namun anehnya, di sekitar portal utama tidak terlihat adanya plang resmi dari PT Timah jika ada aktivitas tambang mitranya.

Justru, di kiri kanan portal tertulis larangan yang tidak ada kaitan sama sekali dengan aktivitas tambang di IUP PT Timah.

“Pantai Pan Semujur tutup sementara dalam perbaikan jalan dan renovasi bangunan,” isi spanduk yang berada persis di samping pos penjagaan.

Awak media juga tidak diperkenankan masuk ke dalam area tambang yang berada tak jauh dari Maka Brimob Polda Babel itu.

Menurutnya, kebijakan tersebut perintah langsung dari sang majikan Roni.

“Kalau pihak pihak dari luar tidak boleh masuk, karena itu perintah dari Bos Roni langsung,” kata salah satu petugas jaga.

Senada dengan Humas PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, yang juga sampai berita ini dipublikasi tidak merespon konfirmasi tim Jobber.

Sementara itu, Tim Jobber juga sempat mengkonfirmasi kepada oknum TNI Kodam Sriwijaya berinisial Al, untuk menanyakan kebenaran kontribusinya dalam aktivitas tambang Roni di belakang Mako Brimob Polda Bangka Belitung, Minggu (3/12/2023).

Saat dikonfirmasi, Al mengaku sedang berada di Mentok Bangka Barat dan sedang mengawal kedatangan Pandam II Sriwijata Mayjen TNI Yanuar Adil.

“Maaf bang baru sampai di muntok ini bang, masih ada kegiatan ngawal Pangdam ini bang,” ujar Al.

Pada kesempatan sama Al mengaku tidak ada hubungan dengan aktivitas tambang. IA mengaku hanya berteman dengan Roni si Bos Tambang belalang Mako Brimob.

Sejumlah pihak terkait perizinan tambang ini sedang diusahakan dikonfirmasi, termasuk Bos tambang Roni. (JB/TRAS)

Pos terkait