Dukung Konservasi Lingkungan, PLN Lakukan Penanaman Pohon pada Peringatan Hari Bumi 2024

Laporan: bim
MERAWANG, TRASBERITA.COM — Memperingati Hari Bumi 2024 yang jatuh setiap tanggal 22 April, PLN Babel berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon dibeberapa lokasi, salah satunya di lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Merawang, Kabupaten Bangka.

Acara ini dihadiri oleh General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung, Mohammad Munief Budiman bersama Senior Manager, Manager Lingkungan PLN UIW Babel dan pegawai PLN.

Bacaan Lainnya

GM) PT PLN (Persero) UIW Babel, Mohammad Munief Budiman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk melestarikan dan menjaga keseimbangan alam demi keberlanjutan lingkungan hidup.

“PLN terus berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya lewat program penanaman pohon yang merupakan bagian dari program prioritas PLN. Selain upaya konservasi lingkungan untuk generasi mendatang, tujuan dilakukan kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan menjaga kualitas udara yang kita hirup,” ujar Munief.

Ia juga menyampaikan penanaman pohon tidak hanya dilakukan di PLTD Merawang, namun dibeberapa lokasi tersebar di Pulau Bangka dengan berbagai jenis pohon seperti pohon buah-buahan Durian, Alpukat, Nangka serta pohon produktif lainnya.

“Kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan menjadi langkah awal dalam upaya nyata mewujudkan Bumi yang lebih hijau dan sehat bagi generasi mendatang,” tambah Munief.

Dilokasi yang sama, Manager Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Pengamanan PLN UIW Babel, Eko Hadianto menyebutkan bahwa program penanaman pohon PLN ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya yang diinstruksikan langsung oleh Divisi Lingkungan di PLN Kantor Pusat.

“Kami berharap kegiatan penanaman pohon ini dapat menjadi inspirasi dan memicu semangat konservasi lingkungan dikalangan masyarakat luas. PLN terus mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam dan menciptakan lingkungan yang sehat, hijau, dan berkelanjutan,” kata Eko.

Penanaman pohon merupakan satu dari beberapa program PLN terkait dengan pelestarian lingkungan, ada beberapa program lingkungan lagi yang menjadi prioritas PLN untuk dilaksanakan diantaranya program pemanfaatan FABA, konservasi flora dan fauna, penanaman mangrove, penyediaan air bersih, hingga menjaga ekosistem kelautan.

Secara keseluruhan aktivitas peringatan hari bumi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, menginspirasi perubahan, dan membina hubungan yang lebih dalam dengan alam dalam upaya melindungi bumi saat ini dan generasi mendatang. (*/TRAS)

Pos terkait