Edi Kodri alias Buyung Jabat Advisor Dirut PT Timah, Bantah Campur Tangan CV Gasparindo dapat SPK di Beriga dan Sukadamai

Dirut PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal (kiri) dan Edi Kodri alias Buyung, Advisor Dirut PT Timah Tbk (kanan). (foto istimewa/net)

Penulis: Mangthoni
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — Nama seorang pengusaha ternama Edi Kodri alias Buyung Belitung, belakangan santer disebut – sebut menjabat sebagai Advisor Direktur Utama (Dirut) PT Timah Tbk.

Di tengah jabatan tersebut, Edi Kodri, juga di sebut-sebut terafiliasi dengan sejumlah perusahaan dan aktivitas tambang mitra PT Timah Tbk.

Bacaan Lainnya

Tercatat Edi Kodri, sebagai salah satu pemilik dan petinggi CV Gasparindo.

Perusahaan tambang timah besutan Edi Kodri ini, diketahui mendapat jatah kuota menambang di sejumlah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

Sebut saja misalnya, di perairan Sukadamai Toboali, Buyung sapaan akrab Edi Kodri ini mendapat jatah quota 30 unit PIP.

Tak hanya di laut Sukadamai, CV Gasparindo juga tercatat mendapat kuota 10 PIP di laut Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Namun hingga saat ini, wacana menambang timah di Laut Beriga masih mendapat penolakan dari warga sekitar, khususnya nelayan setempat.

“Betul Dinda, perusahaan Abang resmi ada SPK PT Timahnya. CV Gasparindo mendapat quota 30 ponton,” ujar Buyung kepada tim Jobber, Selasa (5/12/2023) lalu.

Buyung saat di konfirmasi Babelupdate.com jejaring tim Jobber, Rabu (13/12/2023) tadi malam, membenarkan jika saat ini dirinya menyandang jabatan sebagai Advisor Direktur Utama PT Timah Tbk. Baginya, jabatan tersebut hanya amanah kepada dirinya.

“Hanya dapat amanah saja adinda ku,” ujar Buyung seraya membenarkan kartu nama sebagai Advisor miliknya.

Kendati demikian, Buyung menyebut jika namanya tidak ada di CV Gasparindo.

Namun dirinya membenarkan jika CB Gasparindo mendapat jatah 30 unit PIP di laut Sukadamai.

“Anak Abang yang di CV Gasparindo itu,” ujar Buyung.

Menurutnya, jatah quota tersebut sebagai bagian dari campur tangannya membantu upaya sosialisasi dari PT Timah Tbk.

“Tidak ada nama abang disitu (Gasparindo, red). Tapi betul soal CV Gasparindo dapat quota 30 PIP. Karena kemarin Abang diminta PT Timah untuk bantu sosialisasi di Laut Sukadamai,” elak Buyung.

Buyung juga meminta Tim Jobber menanyakan langsung kepada Humas PT Timah Tbk.

Sementara, Humas PT Timah Tbk, Anggi Siahaan, belum menjawab konfirmasi wartawan soal jabatan Advisor Edi Kodri tersebut.

Ibarat setali tiga uang, Dirut PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal, juga tidak merespon saat dikonfirmasi terkait dirinya mempunyai Advisor Edi Kodri.

Komfirmasi yang disampaikan sejak Rabu (13/12/2023), hingga berita ini dinaikkan tidak merespon konfirmasi.

Dalam beberapa literatur, pengertian advisor adalah seorang penasihat yang bertugas untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dengan klien dan memberikan masukan terkait permasalahan yang dihadapi perusahaan.

Selain itu, seorang advisor juga memberikan pendapat tentang suatu bidang keahlian sesuai dengan pengalaman dan pengetahuannya.

Di lingkungan masyarakat advisor sendiri lebih di kenal dengan sebutan konsultan.

Namun, tak banyak masyarakat yang tahu apa fungsi dari advisor serta tugas-tugasnya di dalam sebuah perusahaan. (JB/tras)

Pos terkait