Hardiknas 2024 Kota Pangkalpinang Sekda Mie Go Ingin Guru dan Siswa Makin Kreatif dan Inovatif

Laporan : Lia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go menjadi pembina dalam upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 tingkat Kota Pangkalpinang. Dihadapan seluruh peserta, Sekda Kota Pangkalpinang membacakan amanat Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Nadiem Makarim.

Mie Go berpendapat bahwa program merdeka belajar harus tetap dilanjutkan agar terus dapat memberikan ruang kepada guru maupun peserta didik dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing melalui kreatifitas dan inovasi. Dengan ini semua diharapkan dan dunia pendidikan di tanah air khususnya di Kota Pangkalpinang dapat terus berkembang maju.

Bacaan Lainnya

Mie Go juga memastikan bahwa Pemkot Pangkalpinang juga akan terus mengupayakan pelayanan yang terbaik bagi peserta didik dan meningkatkan kesejahteraan para guru PNS, PPPK dan para PHL yang ada di sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pemkot Pangkalpinang mendorong agar para guru dan tenaga kependidikan di Kota Pangkalpinang terus mau belajar mengembangkan kualitas diri dan keilmuan dalam berbagai, sehingga ketika saat menyampaikan kepada anak didik maka akan lebih mudah dipahami dan dipraktekan juga oleh peserta didik.

“Saya yakin jiwa sebagai seorang pendidik yang sejati, akan senantiasa tulus menularkan ilmunya kepada peserta didik, dan ini semua akan menjadi kepuasaan tersendiri baginya, dan kalau mendapatkan kesempatan dan kesejahteraan lebih baik, maka hal tersebut akan dianggap sebagai bonus,”tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Erwandi juga menyampaikan harapannya agar melalui moment Hardiknas tahun 2024 ini para guru di Kota Pangkalpinang tetap konsisten, komitmen, kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik dan terus memberi merdeka belajar karena pembelajaran kita bertumpu pada siswa.

Menjelang tahun ajaran baru 2024/2025 yang akan mulai dibuka Mei-Juli 2024, Erwandi juga memastikan bahwa Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Pangkalpinang akan tetap mengacu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jalur pendaftaran siswa baru jenjang SD akan tetap menggunakan 3 jalur yaitu jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua (PTO) sedangkan untuk jenjang SMP akan tetap menggunakan 4 jalur yakni zonasi, afirmasi, jalur perpindahan orang tua/ wali, dan jalur prestasi.

Erwandi juga meminta masyarakat atau orang tua untuk tidak mudah percaya dengan isu-isu yang berkembang dan belum kebenarannya belum tentu bisa dipertanggungjawabkan, salah salah satunya adalah terkait penggunaan seragam baru bagi peserta didik.

“Kami pastikan bahwa itu tidak benar alias hoaks, karena sampai saat ini memang tidak ada perintah penggunaan seragam baru dengan design tertentu, tetap akan menggunakan pakaian seragam merah putih untuk sd , biru untuk SMP sama seperti sebelumnya mengacu sesuai Permendikbud tahun sebelumnya, kecuali ditambah pakaian adat, namun hal ini pun tetap disesuaikan dengan kondisi lokal conten yang ada di daerah masing-masing, misalnya untuk laki-laki menggunakan teluk belango dan perempuan menggunakan baju kurung, dan jadwal penggunaannya juga sudah diatur, misalnya dalam seminggu hanya 1 kali,” tutur Erwandi.

Di moment Hardiknas 2024 di tingkat Kota Pangkalpinang ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang juga menganugerahi berbagai penghargaan kepada guru berprestasi se-Kota Pangkalpinang termasuk penghargaan kepada para guru yang akan segera memasuki masa purnabakti. (tras)

Pos terkait