HMI Cabang Babel Harus Punya Semangat Perubahan, Kritis Jaga Independensi

Laporan : Yulia

PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Pelantikan dan Focus Group Discussion Nasional HMI dan Korps HMI-wati cabang Babel periode 1445 – 1446H/2024-2025M mengangkat tema”Rekonstruksi Gerakan HMI Dalam Menghadapi Disrupsi Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045 Dalam Bingkai Lima Kualitas Insan Cita” berlangsung di Pia Hotel Pangkalpinang,Senin,(06/05/2024). Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Perwakilan Pengurus Besar (PB) HMI ,Bagas Kurniawan.

Bacaan Lainnya

Ketua HMI periode 2024 – 2025 terpilih, Asep Muldani dalam sambutan perdananya mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan kepadanya untuk memimpin organisasi hijau hitam di tingkat cabang Babel.

Asep berharap HMI Cabang Babel dikepemipinannya ini dapat terus didukung dan disupport dari seluruh komisariat, cabang dan alumni Kahmi Babel, karena tanpa dukungan dan support, maka HMI tidak bisa kuat dalam menjalankan roda organisasi pengkaderan ini. “Insha Allah saya siap melanjutkan program-program yang sudah ada dari kepimpinanan sebelumnya,” tambahnya.

Perwakilan PB HMI, Bagas Kurniawan juga mendorong kader-kader HMI untuk mengedepankan karakter HMI yakni menjadi kader insan cita yang berintelektual dan bernafaskan Islam.

“HMI harus tetap harus pada rel ruang atau garis perjuangannya sebagai insan intelektual bernafaskan Islam, karena tantangan yang harus dihadapi HMI ke depan tentu semakin tidak mudah,” ujarnya.

Ia menyebut bahwa problem yang dihadapi bangsa ini semakin kompleks, terutama dalam ketidaksetaraan mengakses sumberdaya yang menimbulkan ketimpangan dalam demokrasi maupun ketimpangan ekonomi yang terlihat dari indeks gini rasio kita yang naik, sehingga HMI maupun KAHMI harus terus memperjuangkan dengan semangat perubahan untuk bangsa ini lebih baik namun tetap kritis dan menjaga indepedensinya.

“Maka perlu pelibatan sipil society termsuk HMI sebagai penyeimbang kebijakan yanh dibuat oleh pemerintah. Kader HMI tidak boleh hanya sebagai penonton, tapi harus ikut berkontribusi untuk umat bangsa dan negara. Untuk itu di periode kepimpinan HMI Cabang Babel yang baru ini, harusnya mampu berjalan dengan lebih baik berdasarkan kaidah fikih Islam, supaya menjadi berkah bagi ketuanya dan keluarga HMI Babel dan Kahmi seluruhnya,” harap Bagas Kurniawan. ( Tras)

Pos terkait