Jelang OPM 2024, Ditlantas Polda Babel Gelar Latpraops

Laporan: bim
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM –– Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung (Babel) menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Patuh Menumbing 2024 yang berlangsung di Gedung Sat PJR Dit Lantas, Rabu (10/7/24).

Latpraops Patuh Menumbing 2024 ini dipimpin langsung oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Babel, Kombes Pol Hendra Gunawan yang dihadiri oleh Kabagbin Ops Biro Ops AKBP Arifin serta seluruh Kasat Lantas Polres Jajaran.

Bacaan Lainnya

Latpraops yang dilakukan ini untuk melihat kesiapan jajaran Lalu Lintas di Polda Babel jelang pelaksanaan Operasi Patuh Menumbing 2024 yang akan digelar mulai tanggal 15 hingga 28 Juli 2024.

Tujuan digelarnya operasi ini untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat guna terwujudnya kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

Direktur Lalu Lintas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Hendra Gunawan menyebutkan tujuan utama digelarnya Latihan Pra Operasi (Latpraops) Patuh Menumbing 2024 ini sebagai bentuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Tentunya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat itu tujuan utamanya. Dengan melakukan berbagai upaya bagaimana masyarakat dapat tertib berlalu lintas dan taat terhadap peraturan undang-undang lalu lintas,” kata Hendra.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dilakukan terutama dalam penegakkan hukum lalu lintas dengan mengedepankan 12 sasaran prioritas seperti melawan arus, menerobos lampu merah, penggunaan handphone serta overload dan over dimension dan melampaui batas kecepatan

Selain itu, lanjutnya, pelanggaran kasat mata juga harus diberikan tindakan terutama yang mengakibatkan fatalitas terhadap laka lantas sehingga menyebabkan meninggal dunia.

“Dari segi kemanusiaan, kita harus memberikan rasa aman dan nyaman, titik fokus kita bagaimana dapat menertibkan masyarakat sesuai dengan tema tertib menjadikan Indonesia Emas sehingga berkurangnya angka fatalitas kecelakaan yang berdampak mengurangi inflasi dan kemiskinan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Perwira Melati Tiga ini menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama dapat menjaga ketertiban dalam berlalu lintas.

“Mari sama-sama kita tertib dan taati peraturan agar terhindar dari laka lantas yang menyebabkan kematian dan kemiskinan di masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, dalam Operasi Patuh Menumbing 2024 ini, Polda Babel bakal menggelar sebanyak 343 personel dari Polda dan Polres Jajaran. (*/TRAS)

Pos terkait