Jemaah Haji Babel Kloter 5 Wafat di RS.Siti Fatimah Palembang

Laporan : yulia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — Innalilahi Waiinailaihi Rojiun jemaah haji kloter 5 asal Bangka Belitung atas nama Umiyana Saibi (40 tahun) asal Desa Penyamun Kabupaten Bangka wafat di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang, Sabtu (18/05/2024) pukul 15.00 wib lalu.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Tim Dokumen Pemberangkatan Jemaah Haji Babel tahun 1445H/2024M, H. Ridwan Yuniarto bahwa jemaah ini saat diberangkatkan dari Embarkasi Haji Babel , Jumat,(17/05/2024) lalu dalam kondisi sehat namun menjelang keberangkatan menuju Madinah jemaah ini mengalami sakit dan harus dirawat di RS Siti Fatimah Palembang.

Bacaan Lainnya

“Dapat kami informasikan, bahwa benar jemaah haji kloter 5 asal Desa Penyamun Kabupaten Bangka wafat di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang sekitar pukul 15.00 wib,” ujar Ridwan melalui pesan whats’up (WA).

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya jemaah ini dinyatakan sehat dan laik terbang oleh tim kesehatan haji Babel untuk diberangkatkan dari Embarkasi Haji Antara Babel melalui Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang pada Jumat,(17/05/2024).

Namun setelah masuk ruang tunggu penerbangan internasional untuk diberangkatkan ke Madinah, jemaah ini mengalami lemas dan mual muntah, sehingga kemudian oleh dokter KPP segera dirujuk ke Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang untuk dirawat SCR intensive. Sehingga keberangkatannya sempat ditunda sampai kesehatannya membaik dan dinyatakan laik diterbangkan ke Madinah.

“Namun kadarullah beliau belum sempat mengajukan permohonan pindah kloter, karena kondisi kesehatannya semakin menurun, hingga pada Sabtu pukul 15.00 wib takdir Allah menjemput beliau wafat. Insha Allah beliau husnulkhotimah.Dan keluarga yang ditinggalkan juga selalu diberikan kekuatan iman dan taqwa untuk menerima atas ketetapan Allah Swt ini,” harap Ridwan.

Sebelumnya, Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel, H.Rebuan juga telah menyampaikan bahwa jemaah haji kloter 6 asal Bangka Belitung berjumlah 222 jemaah plus 1 orang petugas kloter ini telah diresmi dilepas di Embarkasi Haji Antara Bangka Belitung ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang mulai pukul 14.20 wib untuk diterbangkan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang selanjutnya Sabtu,(18/05/2026) pukul 19.20 wib diterbangkan menuju Madinah Arab Saudi. Diperkirakan jemaah haji kloter 6 asal Babel ini telah tiba di Madinah, Minggu,(19/05/2024) dini hari waktu Arab Saudi.

Jemaah haji kloter 6 merupakan jemaah asal dari Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang. “Alhamdulillah kondisi jemaah haji kita khususnya untuk kloter 6 ini saat diberangkatkan semuanya dalam kondisi sehat walafiat, insha Allah diberikan kesehatan dan kemudahan oleh Allah Swt untuk melaksanakan seluruh syarat rukun wajib haji maupun sunnah sampai nanti kembali ke tengah keluarga di tanah air,” harap Rebuan. (Tras)

Pos terkait