Kesejahteraan Petani dan Nelayan Ada Di Pundak KTNA

Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Ir HM Yudi Sofyan Noor, SH melantik Kepengurusan KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2021-2026 di Ballroom Gale Gale Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (15/12/2021). (ist)

Editor: Ichsan Mokoginta Dasin

PANGKALAN BARU, TRASBERITA.COM–Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, Ir HM Yudi Sofyan Noor, SH menegaskan, tugas dan tanggung jawab KTNA di semua tingkatan memegang peran penting dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani dan nelayan.

Bacaan Lainnya

“Sebab kesejahteraan petani dan nelayan ada di pundak KTNA. Oleh karena itu lembaga ini harus mampu menjadi pelopor pembaharuan pembangunan pertanian dan nelayan kita, paling tidak di tingkat desa,” tegas Yudi dalam sambutannya saat melantik Kepengurusan KTNA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2021-2026 di Ballroom Gale Gale Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.

Sebagai lembaga yang menaungi masyarakat petani dan nelayan, maka KTNA, lanjut Yudi, juga harus aktif dan terlibat langsung dalam upaya menyukseskan program pemerintah terkait usaha peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan.

“Karenanya saya berharap, selesai pelantikan ini nanti, Pengurus KTNA Bangka Belitung segera melaksanakan Rembug Utama dengan agenda pokok yakni penyusunan Program Kerja. Utamakan program kerja yang menggali permasalahan utama yang saat ini sedang dihadapi oleh petani dan nelayan di Bangka Belitung,” harapnya.

Saat ini, kata Yudi, persoalan klasik yang selalu dihadapi oleh petani dan nelayan adalah terkait anjloknya harga.

“Saat panen harga sering kali anjlok. Sementara sarana dan biaya produksi melonjak. Ini saatnya KTNA berperan, yakni memberikan advokasi kepada petani dan nelayan kita agar produk petani dan nelayan dihargai dengan harga yang layak. Selanjutnya, bimbing petani dan nelayan kita untuk menggunakan teknologi usaha dengan biaya murah dan hasil produksi yang tetap bagus dan unggul, serta menerapkan pola tanam yang baik sehingga harga juga baik,” kata Yudi.

Sementara itu, Ketua KTNA Bangka Belitung, H Jawarno KS, S IP, dalam sambutannya menegaskan, KTNA Bangka Belitung siap menjadi pelopor kebangkitan petani dan nelayan di wilayah tersebut.

“Dengan kerjasama dan kekompakan pengurus, saya yakin KTNA akan memberikan hal yang besar terhadap kesejahteraan petani dan nelayan di Bangka Belitung,” ujar Jawarno yang juga Ketua Komisi IV DPRD Bangka Belitung ini. (Tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *