Kodim 0431 Bangka Barat Kerahkan Pasukan Antisipasi Banjir di Mentok

Kodim 0431/Bangka Barat melaksanakan kegiatan Karya Bhakti (Karbak) TNI dengan membersihkan sampah yang menumpuk di pinggiran aliran sungai Pasar Rakyat Mentok, Sabtu (9/12/2023). (Fierly/trasberita.com)

Laporan: Fierly

Bacaan Lainnya

MENTOK, TRASBERITA.COM – Guna mengantisipasi ancaman banjir dan menjaga kebersihan lingkungan, Kodim 0431/Bangka Barat melaksanakan kegiatan Karya Bhakti (Karbak) TNI dengan membersihkan sampah yang menumpuk di pinggiran aliran sungai Pasar Rakyat Mentok, Sabtu (9/12/2023).

Selain mengerahkan ratusan personel, kegiatan pembersihan dilakukan dengan menurunkan alat berat untuk mengeruk lumpur yang mengendap di aliran sungai Pasar Rakyat Mentok.

Dandim 0431/Bangka Barat, Letkol Inf. Kemas Muhammad Nauval menyampaikan, kegiatan ini merupakan perintah dari atasan untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan, dengan melibatkan stekholder yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

“Kita ingin membantu masyarakat dalam upaya pencegahan banjir rob, supaya saat di musim penghujan ini air tidak terbuang ke arah Pasar. Di hari ketiga ini ada 250 personel, ada alat berat juga ikut dikerahkan untuk mengeruk lumpur. Habis ini ada pemberian sembako ke masyarakat sekitar,” ujar Letkol Inf. Kemas Muhammad Nauval.

Sementara, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Ia berharap kegiatan serupa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pasar Rakyat Mentok dan sekitarnya.

“Kami mengucapkan terimakasih ke bapak KSAD yang telah menginisiasi program bersih-bersih lingkungan maupun penanaman pohon. Kegiatan ini memang dipusatkan di sekitar area Pasar Mentok, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat maupun pedagang di sini,” tutup Bong Ming Ming. (Tras)

Pos terkait