Konsisten Berkiprah di Dunia Radio, Yustirul Raih Penghargaan dari KPID Babel

H. Yustirul, Owner Radio Pratama FM Pangkalpinang. (ist)

Penulis: Irwanto
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (6/12/2023) di Soll Marina Hotel telah menggelar acara pemberian Anugerah Penyiaran KPID Awards 2023.

Penghargaan Khusus Lifetime Achievement Awards kali ini salah satunya diberikan kepada H. Yustirul, Owner Radio Pratama FM Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

Yustirul lahir di Pangkalpinang pada 12 Desember 1952. Ia telah menggeluti dunia elektronika radio sejak 1969 semasa masih bersekolah SMA hingga menamatkan pendidikannya pada 1971 di SMA Negeri 1

Pangkalpinang. Usai merampungkan pendidikannya, sebetulnya Yustirul telah bekerja di Unit Penambangan Timah Bangka (UPTB).

Namun di luar aktivitas kerja di UPTB Kantor Pusat, ia tetap menggeluti hobinya di bidang elektronika radio dengan membuat dan merakit beberapa stasiun Pemancar Radio Broadcast Percobaan dan beberapa Stasiun Radio Amatir (Radio Komunikasi) di wilayah Pangkalpinang bersama beberapa teman satu komunitasnya.

Kegemaran Yustirul pada dunia elektronika radio bertahun-tahun membuahkan hasil sehingga pada 1980-an dipercaya untuk menjadi teknisi pemancar di Radio BHAYANGKARA milik Kepolisian Distrik Bangka di Pangkalpinang.

Setelah itu Yustirul menjadi teknisi pemancar salah satu Radio Swasta Non Pemerintah (RSNP) di Pangkalpinang yaitu Radio GRANADA yang termahsyur di zamannya.

Lokasi radio ini dulunya terletak dikawasan Jalan Sudirman atau Studio Foto Harmoni.

Selepas bekerja di PT Timah, maka pada 1992 Yustirul mendirikan Radio Siaran PT. RADIO PRATAMA JAYA, yang dalam perjalanannya berubah nama menjadi PT. RADIO PRATAMA RESTU ABADI, yang mendapatkan izin resmi di tahun 2000 dari pemerintah.

Radio ini masih berdiri dan mengudara hingga sekarang.

Setelah lebih dari 40 tahun bergelut dengan dunia elektronika radio, dengan segala keterbatasan maupun kelebihan yang ada, Yustirul di usianya yang hampir menginjak 72 tahun masih tetap bersemangat untuk memberikan warna dan khasanah bagi dunia elektronika radio dan dunia penyiaran di Pulau Timah ini.

Sebagai penghargaan atas dedikasi dan konsistensinya berkiprah di bidang penyiaran, maka Yustirul pun diganjar penghargaan dari KPID Babel.

Tentu hal ini dapat dijadikan inspirasi dan contoh bagi para penggiat radio di Babel. (*/TRAS)

Pos terkait