KPU Pangkalpinang Lantik 126 Anggota PPS

PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — Sebanyak 126 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, di Swiss-Belhotel Pangkalpinang, Selasa (24/1/2023).

“Dari jumlah total yang dilantik, hampir 60 persen anggota PPS ini merupakan wajah-wajah yang baru. Tentunya ini menjadi regenerasi yang baik,” ujar Ketua KPU Pangkalpinang Pedon, Selasa (24/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Penti, para anggota PPS ini akan bekerja sesuai kapasitas dan kapabilitas dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

Penti mengatakan, sebelum terjun menjadi petugas di Pemilu mendatang, anggota PPS akan ditempa selama dua hari oleh KPU Kota Pangkalpinang.

“Bimbingan teknis akan diberikan kepada perwakilan KPU di 42 kelurahan dan anggota PPS diminta untuk menunjukkan kinerjanya. Yang terpenting mereka menjaga netralitas dan menunjukkan bahwa mereka adalah orang pilihan yang bisa bekerja dengan baik pada Pemilu 2024 mendatang,” tukas Penti.

Pada kesempatan sama, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Pangkalpinang Ruslan mengatakan anggota PPS yang dilantik telah melalui berbagai tahapan seleksi.

Hal ini sesuai perangkingan peringkat 1-3 berhak menduduki posisi PPS dan rangking 4-6 merupakan calon PAW.

“Anggota PPS nantinya harus mengumumkan DPS, kedua menerima masukan dari masyarakat terkait dengan DPS. Setelah menerima masukan mereka harus mengumumkan hasil masukan dari masyarakat tersebut. Kemudian melakukan pemutakhiran DPS untuk ditetapkan menjadi DPT dengan proses yang sangat panjang,” ujarnya.

Ruslan menambahkan anggota PPS juga diharuskan melakukan sosialisasi di tingkat kelurahan. Serta melakukan verifikasi faktual perseorangan DPD karena saat ini sedang memasuki tahapan terkait dengan pencalonan DPD.

“Mereka juga turut bertanggung jawab atas suksesnya tahapan-tahapan pemilu di tingkatan kelurahan. Masa kerja anggota PPS ini selama 14 bulan setelah pelantikan hingga tanggal 4 April 2024,” pungkas Ruslan. (*/tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *