Masih Ada Aktivitas Tambang Timah di Perairan Laut Desa Penagan, Kades: Jalan Terus Siang Malam..!

Ini kawasan Pantai Desa Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang beberapa waktu lalu ramai oleh aktivitas warga membuat ponton Tambang Inkonvenional (TI). (Jobber/trasberita.com)

Editor: bangdoi ahada
BANGKA, TRASBERITA.COM –– Tak gentar, inilah yang dilakukan sejumlah oknum masyarakat, yang terus nekat menambang di Perairan Desa Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sudah hampir dua pekan ini aktivitas menambang di Perairan Desa Penagan berlangung.

Bacaan Lainnya

Tidak ada yang berani melarang, apalagi yang berani menertibkan aktivitas menambang di Perairan Desa Penagan tersebut.

Bahkan aparat penegak hukum (APH) yang pernah menertibkan aktivitas menambang di Penagan beberapa waktu lalu, kini belum terlihat kembali menertibkan aktivitas menambang oknum warga tersebut.

“Masih Bang. Kalo minggu lalu mereka hanya berani menambang malam hari. Sekarang sudah ada yang berani menambang siang hari,” ujar Sul, yang ditemui Tim Journalis Babel Bergerak (Jobber), di pinggir Pantai Desa Penagan, Minggu (11/9/2022).

Disebutkan Sul, secara resmi, belum ada izin resmi baik dari pemerintah maupun pihak terkait lainnya.

Namun, sejumlah penambang sudah berani melakukan aktivitas menambang, pasca penertiban beberapa waktu lalu.

Saat ditanya siapa yang berani membekingi para penambang yang beraktivitas tersebut? Sul menyebutkan beberapa inisial, salah satunya B.

“Ini untuk Abang-Abang bai ok,” tukas Sul.

Keberadaan para penambang di Perairan Penagan ini juga dibenarkan oleh Kades Penagan Ismail.

“Aok (iya–red) jalan terus siang malam,” ujar Ismail.

Saat ditanya siapa saja pengurus yang berani memberikan izin menambang di Perairan Penagan tersebut, Ismail menjawab tidak tahu.

“Kurang tau ge ku (saya belum tahu–red),” tukas Ismail kepada Tim Jobber, Minggu (11/9/2022).

Sementara itu, Dirpolair Polda Bangka Belitung AKBP Agus Tri Waluyo, yang dikonfirmasi Tim Media Jobber, Minggu (11/9/2022) sekitar pukul 19.15 WIB, belum memberikan respo hingga berita ini dinaikkan.

Pantauan Tim Jobber di sekitar Pantai Desa Penagan terlihat sejumlah ponton sedang berada ratusan meter dari pinggir pantai.

Tidak terlihat secara jelas aktivitas yang dilakukan di atas ponton. Hanya saja dari sisi pantai terdengar suara deru mesin TI.(JB/TRAS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *