Pecah Rekor! NAF Ke-3 HIMAKSI FE UBB di Ikuti Lebih dari 500 Peserta di Tiga Kegiatan

Penulis : Adiyos

MERAWANG, TRASBERITA.COM –Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung mengadakan event tahunan NAF (National Accounting Fair) tahun 2022.

Bacaan Lainnya

NAF kali ini berjalan tahun ke-3 yang diadakan secara online melalui via zoom dengan mengangkat tema Improving Gen-Z of Young Accountants Who are Competent, with High Integrity and Competitivnes Towards Golden Indonesian In the Era Society 5.0”.

Acara NAF tahun 2022 dibuka secara langsung oleh wakil dekan I bidang kemahasiswaan dan akademik Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Hamsani S.E., M.Sc, pada Senin 12 September 2022.

Kegiatan NAF sendiri mulai digelar dari hari Senin – Kamis, tanggal 12-15 September 2022 yang bertempat diruangan Betason II, Rektorat Universitas Bangka Belitung dan ruangan UPT TIK bawah Gedung Babel 4 Universitas Bangka Belitung.

Dua perlombaan yang diadakan pada tahun 2022 ini antara lain, NAC (National Accounting Competition) dan NAPC (National Accounting Paper Competition). Peserta sangat antusias dalam mengikuti perlombaan ini dan dibuktikan dengan jumlah peserta sebanyak 84 orang yang masing-masing terdiri dari 21 tim yang lolos Semifinal untuk perlombaan NAC dan 8 tim yang lolos Final untuk perlombaan NAPC. Perlombaan ini diikuti oleh berbagai Universitas/Politeknik jurusan Akuntansi di seluruh Indonesia.

Pada perlombaan NAC terdiri dari 5 babak, yaitu babak Find Your Waydan TTS( Teka-tekiSilang) untuk Semifinal, Study Case dan Cepat Tepat untuk Final dan Betting Point untuk Grandfinal.

Pada Senin, tanggal 12 September 2022 setelah pembukaan Edupreneur, telah diksanakan perlombaan NAC babak Semifinal yang diikuti oleh 21 tim. Perlombaan NAC pada hari itu hanya dilakukan 2 babak yaitu Find Your Way dan TTS (Teka-teki Silang) yang dimana dibagi menjadi 3 Break Zoom yaitu Room Zoom Leader, Room Zoom anggota 1 dan Room Zoom anggota 2.

Kemudiaan dilanjutkan dengan pengumuman top 15 yang masuk ketahap Final dan pembagian Coding untuk presentasi kasus.

Selanjutnya untuk hari Selasa, 13 September 2022, 15 tim yang masuk ketahap Final melaksanakan babak Study Case pada pagi hari. Lanjut di siang hari untuk babak Cepat Tepat. Setelah menyelesaikan kedua babak Final, poin akan diakumulasi untuk tahap Grandfinal pada 5 tim yang lolos. Setelahnya, di Grandfinal bakal ada babak Beeting Point untuk menentukan para juaranya. Pada Final dan Grandfinal ini, ada para juri yang menemani untuk member penilaian, yaitu ada bapak Nanu Hasanuh, S.E., M.M, M.Ak, ibu Wenni Anggita S.E., M.Si, dan bapak Nur Ahmad Ricky Rudianto, S.Si., M.A. Untuk juara 1 diarih Tim Ceria dari Universitas Surabaya, juara 2 diraih Tim BIN dari Universitas Muhammadiyah Jember, juara 3 diraih Tim Yuk Bisa dari Universitas Diponegoro, juara Harapan 1 diraih oleh tim Sat-set dari Universitas Jember, dan juara Harapan 2 diraih tim Excellent dari Telkom University.

Untuk hari Rabu, 14 September 2022 saatnya lomba NAPC dilaksanakan. Ada 8 tim yang bertanding dalam Final NAPC kali ini. Pada saat Final, ada para juri yang menemani untuk member penilaian, ada ibu Rulyanti Susi Wardhani, S.E., M.Si, ibu Fitriasuri, S.E., Ak., M.M., C.A, dan ibu Dewi Darmastuti, S.E., M.S. Ak. Para peserta menyampaikan dengan saat baik saat presentasi dan menjawab dengan semangat apa yang ditanyakan oleh dewan juri. Untuk juara 1 diraih oleh tim AFDA dari Universitas Padjajaran, juara 2 yaitu tim STEMATU dari Universitas Bangka Belitung, juara 3 ada tim Atur Ajah dari Binus University, juara Harapan 1 tim Neverland dari Universitas Widya Kartika, dan juara Harapan 2 ada tim Labs Club dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Pada hari Kamis, 15 September 2022, rangkaian acara NAF dilanjutkan dengan Webinar Nasional, yang sudah free pendaftaran serta mendapat 4 SKP dalam e-sertifikat nya. Webinar ini diisi dengan narasumber yang sangat menginspirasi dan ditunggu-tunggu, serta penyampaian materi yang sesuai tema, yaitu Gen-Z Era “Preparing Young Accountants for the Challenges of Advanced Technology 5.0” oleh Narasumber 1 ada ibu Prof. Dr. Intiyas Utami S.E, M.Si., Ak., CA., CMA., QIA., CFrA. Dan Narasumber 2 ada ibu Yennita, S.E, Ak., M.M., CPMA. Untuk Keynote Speaker ada bapak Suhardi, S.E., M.Sc. Ak., CA selaku Wakil Ketua Ikatan Akuntan Indonesia perwakilan Bangka Belitung, sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Ibu Dr. Devi Valeriani, S.E., M.Si., serta sambutan sekaligus membuka Webinar Nasional NAF 2022 oleh Rektor Universitas Bangka Belitung, bapak Dr. Ibrahim, M.Si. Untuk memandu Narasumber, kami juga memanggil kak Wawan, S.E., sebagai moderator.

Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntasi HIMAKSI FE UBB Sellyna Yuliarista Menyebutkan Jumlah peserta yang menghadiri Webinar Nasional secara online ini kurang lebih sekitar 400-an orang yang tersebar dari mahasiswa/i Akuntansi serta pegawai instasi pemerintahan di seluruh Indonesia belum di tambah dengan peserta yang mengikuti 2 perlombaan yang ketika di gabung kurang lebih mencapai 500 peserta.

Terlaksananya Webinar Nasional ini bentuk kerja sama Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Bangka Belitung dengan IAI Perwakilan Bangka Belitung dikatakan Selly pada kamis 22 September 2022.

Ia menambahkan Tujuan diadakannya NAF yaitu untuk memberikan penjelasan kepada peserta tentang pentingnya teknologi di zaman sekarang. Dalam menghadapi tantangan di era society 5.0. profesi akuntan harus dapat memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi ke dalam cara yang dapat member nilai tambah pada profesinya.

“Hal ini mengisyaratkan bahwa profesi akuntan harus peduli dengan perkembangan teknologi dan mampu mengadopsi teknologi tersebut untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Proses ini dapat dimanfaatkan dan dialihkan menjadi penopang keberhasilan bagi profesi akuntan” tutup selly.(tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.