Peluang Terbuka Jadi Rektor UBB Periode 2024 – 2028, Penuhi Syarat Termasuk Wajib Laporkan LHPKN

Laporan : Yulia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Proses Pemilihan Rektor UBB Periode tahun 2024 – 2028 terus bergulir. Tahap ini akan dimulai dengan penjaringan bakal calon rektor 11 – 2 Februari 2024, penyaringan calon rektor 07- 13 Februari 2024, pemilihan rektor oleh senat bersama menteri (tentative) 12 – 22 Maret 2024 hingga penetapan dan pelantikan calon rektor terpilih sebagai rector oleh menteri 16 April 2024.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor UBB 2024-2028 Riwan Kusmiadi didampingi Ketua Senat UBB, Devi Valeriani dalam konferensi pers, beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa kesempatan ini telah dibuka untuk seluruh rektor yang ada di perguruan negeri yang ada di Indonesia. Untuk itu jangka waktu pemilihan pun juga dibuat panjang, terlebih mengingat kesibukan aktivitas di akhir tahun yang cenderung lebih padat termasuk di perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

“Namun ini sudah menyebarkan informasi termasuk melalui website resmi UBB maupun media eksternal sekaligus sebagai langkah sosialiasi bahwa masa pemilihan rektor ubb periode tahun 2024 – 2028 telah dimulai, dan kami meminta doa agar semua proses ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Pihak UBB juga memastikan bahwa setiap proses di dalam pemilhan rector UBB periode 2024 – 2028 ini akan dilaksanakan sesuai aturan baku yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Fakta intgeritas sangat di ke depankan dalam hal ini, dan kami sudah menyiapkan perangkat-perangkatnya, harus ada foam yang disii, seperti tidak pernah terjerat hukum, bebas nafza, punya pengalaman managerial sebagai kaprodi atau dekan, menandatangani surat pernyataan jasmani dan rohani, menandatangani surat pernyataan tidak pernah melakukan plagiat hingga calon rector wajib melampirkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LPHKN),” ujarnya.

Senat UBB yang terdiri dari 21 anggota, masing-masing memiliki hak suara untuk memilih rector, karena senat punya hak suara 65 persen, kemudian ada suara menteri 35 persen yang juga akan menjadi penentu dalam pemilihan rector.

Makanya mudah-mudahan ini bisa memberikan hak suara yang tepat pada saatnya nanti, karena pada saat penyampaian visi-misi menjadi sangat penting bagi seorang calon rektor guna menyakinkan para senat untuk memilih atau mengalihkan pilihan rektor kepada orang lain.

“Pada saat penyampaian visi-misi biasa pers juga akan diundang 7 Februari 2024 sedangkan penilian 12 Februari 2024, makanya kami berharap ini masih ada kesempatan untuk civitas akademika UBB untuk mendengarkan terlebih dulu visi-misi yang disampaikan oleh rector, karena senat kita kan ada komposisi perwakilan dari dosen , maka harapannya teman-teman dosen ini bisa menyera aspirasi dari civitas akademika setelah melihat visi-misi dari calon rector, sehingg aspirasi ini bisa tepat,” jelasnya

Irwan optimis proses pemilihan ini akan berjalan dengan baik dan lancar di UBB dan diminati banyak pihak, apalagi dengan kredibilitas UBB yang semakin dinilai dan mampu tumbuh berkembang positif. Sehingga rector UBB ke depan diharapkan punya tantangan yang lebih besar, InsyAllah mampu bekerja dengan lebih baik dan berkontribusi positif dan bagus bagi UBB.

Update informasi selengkapnya terkait Pemilihan Rektor UBB Periode tahun 2024 – 2028 dapat diakses di www.ubb.ac.id ata u menghubungi Sekretariat Panitia Pelaksanaan Pemilihan Rektor Ruang Senat Gedung Rektorat Universitas Bangka Belitung Jl. Kampus Terpadu UBB, Gedung Rektorat Desa Balunijuk Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 33172. Telepon (0717) 422145- 422965-Faksimile (0717) 421303. (Tras)

Pos terkait