Pemkot Pangkalpinang Sabet Juara III P4GN Award 2023, Aktif Mendukung dan Melaksanakan P4GN

Laporan : Yulia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Pemerintah Kota Pangkalpinang berhasil meraih peringkat 3 dalam Penghargaan P4GN Award 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Grand Sapran Hotel Pangkalpinang, Kamis,(07/12/2023).
Penghargaan ini diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Ahmad Subekti sekaligus menerima dana pembinaan untuk pelaksanaan P4GN di tahun berikutnya.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pangkalpinang ini, nampak sumringah mendapatkan perhargaan dan bersyukur karena mendapatkan kesempatan ini sekaligus mewakilli atas nama Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

“Terimakasih juga kepada Badan Kesbangpol Pangkalpinang yang telah memberikan peran serta dalam melaksanakan dan mendukung pencegahan P4GN ini di Kota Pangkalpinang secara maksimal selama ini. Saya percaya teman-teman sudah bekerja keras walaupun di tengah keterbatasan dana yang ada,” ujar Bekti panggilan akrabnya.

Ia juga berharap ke depan, dalam mendukung P4GN demi terwujudnya Kota Pangkalpinang Bersinar semoga juga dapat didukung dengan ketersediaan dana yang lebih memadai, sehingga dapat lebih aktif bergerak dan mampu mendapatkan penghargaan yang lebih baik lagi.

Bekti memastikan bahwa Pemerintah Kota Pangkalpinang terus aktif dalam mendukung dan melaksanakan P4GN, melalui berbagai upaya sosialiasi dan edukasi sampai tingkat kecamatan dan kelurahan.

Untuk dapat mencegah dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba ini, yang utama dan paling utama juga adalah harus dikuatkan melalui penguatan iman dan nilai-nilai agama. Disnilah perlunya peran serta orang tua sebagai tempat anak menimba pendidikan utama dalam kehidupannya melalui pendalaman nilai akidah dan akhlak.

“Dengan pendidikan yang agama baik inilah, kelak diharapkan sang anak dapat tumbuh menjadi generasi yang soleh dan soleha, tidak mudah tergiur dengan hal-hal yang tidak baik, menjadi generasi panutan dan Kota Pangkalpinang akan menjadi Bersinar. Kita berharap juga bersama pemerintah daerah dan peran tokoh agama sebagai pemimpin di tengah umat, masyarakat bangsa dan negara,” harapnya.

Penghargaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika ( P4GN) Award Tahun 2023 dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Grand Sapran Hotel Pangkalpinang, Kamis,(07/12/2023).

Penghargaan P4GN Award diberikan kepada sejumlah instansi vertical, pemerintah kabupaten/kota dan Kesbangpol kabupaten/kota yang teraktif dalam peran mendukung pencegahan P4GN. Adapun dari instansi vertical yang berhasil adalah oleh Polda Kepualaun Bangka Belitung dan BNN Provinsi Bangka Belitung.

Unsur pemerintah daerah kabupaten/kota yang berhasil meraih Penghargaan P4GN Award 2023 adalah Kabupaten Bangka Barat di posisi pertama, Kabupaten Bangka Selatan di posisi kedua dan Kota Pangkalpinang di posisi ketiga.

Sedangkan untuk Badan Kesbangpol terbaik dalam peran serta pencegahaan P4GN diberikan kepada Badan Kesbangpol Kabupaten Bangka Tengah, Badan Kesbangpol Kabupaten Bangka, Badan Kesbangspol Kabupaten Belitung dan Badan Kesbangpol Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan penyerahan P4GN award ke-2 tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Plt.Asisten 2 Biro Ekonomi Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Ahmad Yani. Dalam sambutannya ia menyampaikan penghargaan yang tinggi dan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu hingga suksesnya P4GN award tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka proses pencegahan dan pemberantasan dan peredaran gelap narkotika melalui peningkatan peran pemerintahan daerah dan khususnya seluruh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia nomor. 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN tahun 2020 – 2024, Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, dan Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 39 tahun 2018 bahwa fasilitasi dan pembinaan pelaksanaan P4GN diketuai oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Upaya ini dilaksanakan oleh perangkat daerah terkait yang melaksanakan urusan pemerintahan dan dikoordinasikan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Melalui upaya ini diarapkan dapat menciptakan sinergitas, koloborasi dan semangat mensukseskan P4GN di Indonesia khususnya di Babel. (Tras)

Pos terkait