Peringati HUT Babel ke 22, IKM Babel Gelar Sunatan Massal

Ikatan Kekeluargaan Masyarakat (IKM) Bangka Belitung menggelar sunat massal secara gratis bagi warga yang kurang mampu di wilayah Toboali dan sekitarnya, Minggu (27/11/2022). (tras)

Laporan : Kuri Hangtuah
TOBOALI, TRASBERITA.COM — Ikatan Kekeluargaan Masyarakat (IKM) Bangka Belitung menggelar sunat massal secara gratis bagi warga yang kurang mampu di wilayah Toboali dan sekitarnya.

Kegiatan ini digelar sebagai bakti Ikatan Kekeluargaan Masyarakat Bangka Belitung dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-22 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan sunat massal dipusatkan di Cafe’ ‘Kupi Kite’ depan SMP Negeri 1 Toboali, Ahad (27/11/2022).

Ketua pelaksana kegiatan Rosyadi yang biasa dikenal dengan nama Mang Ateng mengatakan bahwa kegiatan sunat massal ini digagas oleh sekretaris umum IKM Babel Rizani Usman yang diikuti oleh hampir seratus orang,

“Untuk khitanan massal kali ini telah melampaui target. Target awal hanya untuk 55 orang saja, namun sejak dari kemaren sore hingga saat ini masih ada yang ikut mendaftar. Jadi pesertanya hampir seratus orang”, jelasnya saat menyampaikan sambutan, Ahad (27/11/2022).

Dikatakan Mang Ateng, koordinator khitanan ini Sapari, A.Md.Kep dibantu empat orang tenaga medis dan dr Chory Nurtice Handayani sebagai dokter penanggung jawab.

Anak yang ikut khitanan massal ini dari beberapa desa dan kelurahan diantaranya kelurahan Teladan, kelurahan Toboali, kelurahan Tanjung Ketapang, desa Keposang, desa Rias, desa Jeriji dan desa Rindik.

Sementara itu sekretaris umum Ikatan Kekeluargaan Masyarakat Bangka Belitung (IKM Babel) Rizani Usman menjelaskan bahwa IKM Babel adalah organisasi kemasyarakatan Bangka Belitung yang berada di perantauan.

“Organisasi ini baru terbentuk. Sebelumnya ada organisasi yang terpisah antara masyarakat Bangka dan Belitung. Masyarakat Bangka dengan nama MKMB (Musyawarah Kekeluargaan Masyarakat Bangka) Jaya dan Belitung ada IKMB (Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung). Nah IKM Babel merupakan gabungan kedua organisasi tersebut dan sudah terdaftar di kemenkumham”, jelasnya.

IKM Babel dalam merayakan HUT Bangka Belitung yang ke 22 melaksanakan bakti sosial dibeberapa tempat, diantaranya bakti sosial untuk korban bencana di Cianjur dengan menyalurkan beberapa logistik ke lokasi bencana, bakti sosial khitanan massal di Sabang atau Toboali, Bakti sosial khitanan massal di desa Penagan di kabupaten Bangka dan Bakti sosial di Belitung bekerjasama dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung.

“Saya berharap semua kegiatan dan aktifitas IKM. Babel yang bekerja sama dengan LAM yang berada di Bangka Belitung berjalan lancar”, ujarnya.

Erwin Asmadi, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan memberikan apresiasi atas kegiatan bakti sosial yang digagas oleh IKM Babel.

” Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan bakti sosial khitanan massal yang dilakukan oleh IKM Babel ini. Dan ini sangat membantu masyarakat, khususnya Toboali dan Bangka Selatan umumnya. Kita patut bersyukur dan berterima kasih”, ungkapnya

Selain dihadiri oleh ketua DPRD Bangka Selatan Erwin Asmadi, ikut hadir juga mantan Wakil Gubernur Bangka Belitung Hidayat Arsani, Ustadz Aswandi As’an wasekum IKM Babel, Antonius Uston, Ketua Lembaga Adat Melayu Basel Kulul Sari, Ketua GPMB Bangka Selatan Rusmin Sopian, Sekretaris LAM Basel Sumardoni dan beberapa orang pengurus LAM lainnya. (tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *