Pj Bupati M Haris: Jadikan Idul Fitri Sebagai Momentum Persatuan

Foto: Repro RRI Sungailiat

Editor: Ichsan Mokoginta Dasin

Bacaan Lainnya

SUNGAILIAT, TRASBERITA.COM — Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M Haris, berharap agar perayaan Idul Fitri 1445 H dapat dijadikan sebagai momentum persatuan dan kesatuan segenap elemen di Kabupaten Bangka khususnya, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung umumnya.

Hal tersebut disampaikan Haris di hadapan ribuan jemaah Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Agung Sungailiat, Rabu (10/4/2024).

Menurut Haris, seluruh elemen dapat bersatu dan memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing demi kemajuan daerah dan bangsa.

“Mari kita perkuat tali silaturahmi antara pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat luas umumnya, dan memberi kontribusi bagi kemajuan Kabupaten Bangka yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur,” ajak Haris.

Selain itu, Haris juga mengajak warga masyarakat dan komponen lainnya untuk merayakan Idul Fitri dengan suka cita, penuh kesederhanaan, dan tetap menjaga kondusivitas daerah.

“Mari kita rayakan Idul Fitri 1445 H dengan penuh suka cita dan kesederhanaan namun tidak mengurangi esensi Idul Fitri itu sendiri. Hindari kegiatan yang sia-sia dan tidak perlu, yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan lingkungan kita,” harap Haris.

Sementara itu pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 H di Masjid Agung Sungailiat berlangsung khusyuk dan khidmat. Bertindak sebagai Imam adalah Drs H Syaiful Zohri, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka. Sedangkan Khatib yakni Prof Dr Zayadi Hamzah, M, Ag, Ketua MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan mantan Rektor IAIN SAS Bangka Belitung.

Dalam khutbahnya, Prof Dr Zayadi Hamzah menyampaikan bahwa Idul Fitri merupakan manifestasi kefitrahan dan kemenangan bagi seorang umat muslim.

“Jadi meski Ramadan telah berlalu, namun kesalehan kita sebagai umat muslim harus tetap terjaga. Idul Fitri juga harus dijadikan sebagai momentum semangat persaudaraan dan kebersamaan kita sebagai anak bangsa,” tandas Zayadi. (*/Tras)

Pos terkait