Pj.Gubernur Sebut Babel Kaya Sumber Protein Ikan Cegah Stunting

PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Pj.Gubernur Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali mengajak semua komponen pemangku kepentingan dunia pendidikan dari mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk saling bersinergi membangun kualitas sumberdaya manusia yang lebih baik di Bangka Belitung.

”Peran lembaga pendidikan dari mulai tingkat Paud mempunyai tantangan besar dalam mempersiapkan anak bangsa, karena kita harus menuntaskan wajib belajar 12 tahun,” ujar Safrizal.

Bacaan Lainnya

Kata dia, bersama dinas pendidikan hingga perpustakaan juga mempunyai pekerjaan yang cukup berat dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Babel yang saat ini baru mencapai angka lama usia sekolah 8 tahun 11 bulan atau kurang lebih sampai kelas 2 SMP.

“Ini jadi tantangan bagi kita dan semua barisan organisasi untuk terus membangun konsolidasi dan sinergitas,” tambahnya.

Ia juga mencontohkan bahwa Bangka Belitung juga memiliki peluang besar untuk melahirkan generasi yang cerdas, karena mengingat daerah ini sangat kaya dengan kekayaan alamnya termasuk dari sektor perikanan. Sehingga sudah seharusnya pola konsumsi ikan harus lebih digalakkan. Karena Bangka Belitung yang daerahnya dikeliling 80 persen laut, sehingga sangat kaya sekali dengan sumber protein dari ikan yang sangat baik dalam mendukung pencegahan stunting.

“Selama ini hasil tangkapan ikan justeru uangnya dibeli untuk beli mie instan oleh masyarakat kita. Padahal seharusnya ikan tersebut dapat jadi bahan olahan yang menarik untuk dikonsumsi oleh anak-anak atau dibelikan makanan yang dapat menunjang kecerdasan anak-anak kita, sehingga anak-anak kita tidak mengalami stunting,” harap Safrizal. (Tras)

Pos terkait