Pj.Walikota Apresiasi Kegiatan FundRaising Ramadan Baznas Kota Pangkalpinang Tahun 2024

Laporan : Lia

PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Badan AmilZakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang kembali menyelenggarakan kegiatan Fundraising Ramadan 1445H/2024M Pembayaran Zakat Infaq Sedekah dan Dana Sosial Kemasyaratan Lainnya (DSKL).

Bacaan Lainnya

Fundraising Ramadan kali ini mengangkat tema “semakin berkah dengan berzakat, tentramnya muzaki, bahagianya mustahik. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis,(28/03/2024).Dan dibuka secara langsung oleh Pj.Walikota Pangkalpinang,

Hadir juga dalam kesempatan ini Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go, sejumlah kepala OPD se-Kota Pangkalpinang, camat, lurah dan jajaran, unsur Forkopimda Kota Pangkalpinang, Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang, Bank Mualamat Cabang Pangkalpinang, Baznas Bangka Selatan dan Mualaf Center Pangkalpinang.

Ketua Baznas Kota Pangkalpinang, Muhammad Kurnia didampingi Wakil Ketua II H.Yusril HZ, Wakil Ketua III Ahmad Rodiansyah dan Wakil Ketua IV, Hariadi serta sejumlah jajaran lainnya menjelaskan bahwa ini merupakan pelaksanaan fundraising ramadan tahun ketiga. Melalui kegiatan tahun ini diharapkan penghimpunan dana zakat, infaq, shodakoh dan DSKL akan meningkat dari tahun- tahun sebelumnya.

Dengan target 800 juta – 1 miliyar rupiah. Ia juga menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rapat Pj.Walikota Apresiasi Kegiatan FundRaising Ramadan Baznas Kota Pangkalpinang Tahun 2024 dengan Kemenag Kota Pangkalpinang maka diputuskan besaran nilai zakat fitrah tahun 2024 sebesar Rp.40.000 atau setara dengan makanan pokok beras seberat 2.5 kilogram/orang. Sedangkan untuk pembayaran fidyah diputuskan Rp.25.000/ hari atau setara harga makan pokok 3 kali sehari. Termasuk untuk ketentuan nisab atau haul zakat harta atau zakat mal tahun 2024 yakni apabila sudah mencapai sebesar Rp.80.750.000. Jika sudah tercapai haulnya maka wajib hukumnya untuk dibayarkan.

“Mudah-mudahan harta yang sudah Allah Swt berikan selama ini, maka jangan lupa juga untuk disucikan melalui pembayaran zakat yang merupakan rukun islam ketiga.Karena di dalam harta yang kita miliki juga terdapat hak orang yang harus kita berikan,”sebut M.Kurnia.

Ia juga mendorong kesadaran dalam menunaikan zakat bagi setiap muslim yang telah mencapai ketentuan sesuai syariat Islam. Sebab setiap harta yang dibelanjakan di jalan Allah termasuk melalui zakat, maka pasti akan Allah akan menggantinya dengan lebih baik bahkan hingga berlipat-lipat ganda.Tidak ada orang lalu menjadi miskin karena bersedekah, tetapi justru Allah akan menambahnya dan menjamin keselamatan hidup dunia dan akhirat bagi setiap orang yang menyakininya,” ajak Kurnia.

Pj.Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan dalam sambutan pembukaan, mengucapkan terimakasih kepada Baznas Kota Pangkalpinang yang telah rutin melaksanakan acara ini guna memberikan inspirasi bagi seluruh muzaqi ( wajib zakat) khususnya juga bagi ASN/ PHL muslim yang sudah mencapai nisab hartanya dan ada di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk menunaikan kewajibannya membayar zakat. Lusje menyebut, bahwa manusia itu pada dasarnya suka menghitung atas apa yang diberikannya sedangkan Allah Swt Maha Mengetahui, Maha Kaya lagi Maha Menempati janji dan pasti akan mengganti setiap amalan baik dan zakat yang kita bayarkan dengan jaminan pahala dan banyak keberkahan, keselamatan hidup dunia dan akhirat.

“Alhamdulilah saya selama ini memang sudah meminta bagian keuangan di kantor untuk potong gaji dan tunjangan saya sebagai zakat.Karena saya ingin penghasilan yang saya peroleh sudah dibersihkan terlebih dahulu.  karena ini semua saya bersyukur karena saya juga tidak punya hutang,” tutur Lusje.Orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini berharap melalui fundraising ramadan ini dapat semakin mendorong kesadaran seluruh masyarakat wajib zakat untuk menuanaikan kewajibanya membayar zakat melalui lembaga resmi Baznas.Zakat ini selanjutnya akan disalurkan oleh Baznaz kepada orang-orang yang membutuhkan secara akurat, profesional dan akutabel.

Ia mengaku yakin bahwa dengan membayar zakat inilah yang juga akan menciptakan dan menguatkan kita dengan hablu minnallah dan hablu minnanas yang membuat kehidupan masyarakat di Kota Pangkalpinang menjadi aman, tentram dan damai. (Tras)

Pos terkait