PLN Gotong Royong Bersihkan Pantai Tanjung Pendam, Gerakan Peduli Lingkungan

Laporan: bim
TANJUNGPANDAN, TRASBERITA.COM –Masih dalam semarak Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanjung Pandan menggelar aksi gotong royong membersihkan Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Gerakan peduli lingkungan ini merupakan bentuk realisasi komitmen PLN untuk menjaga lingkungan hidup khususnya ekosistem di sekitar pantai.

Bacaan Lainnya

Giat peduli lingkungan diawali dengan jalan santai bersama dari kantor PLN ULP Tanjung Pandan menuju Pantai Tanjung Pendam dan dihadiri oleh Manager PLN ULP Tanjung Pandan, Moh Agung Saputra Mulia bersama seluruh pegawai dan Tenaga Alih Daya (TAD) lingkungan PLN ULP Tanjung Pandan.

Tidak hanya jalan santai, seluruh peserta turut aktif dalam kegiatan memilah dan membersihkan sampah khususnya sampah plastik yang terdapat di sepanjang garis Pantai Tanjung Pendam.

“Menjaga kelestarian lingkungan dan konservasi ekosistem merupakan tanggung jawab moral dan juga menjadi prioritas PLN. Konservasi lingkungan hidup juga merupakan salah satu upaya kita dalam mengurangi dampak negatif krisis iklim dunia. Manfaat dari budaya peduli lingkungan ini tentunya tidak hanya untuk diri kita saat ini, namun juga untuk generasi anak cucu di masa mendatang,” ujar Agung, Senin (6/5/2024).

Di lokasi yang sama, Team Leader Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan (K3L) PLN ULP Tanjung Pandan, Heri Kurniawan menyampaikan bahwa program peduli lingkungan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

“Kami berkomitmen untuk mengadakan program peduli lingkungan seperti ini tiap tahun. Kami berharap kedepannya akan banyak partisipasi pihak luar dan agar kegiatan ini menjadi inspirasi serta memacu semangat masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam dan menciptakan lingkungan yang sehat,” tambah Heri.

Gerakan peduli lingkungan bersih-bersih pantai juga disambut baik oleh Kepala Dinas UPTD Kabupaten Belitung, Nikky Nakaromi.

Ia berterima kasih kepada PLN telah menginisiasi program tersebut.

“Kami sangat senang dan berterima kasih kepada PLN yang telah mengadakan program bersih-bersih pantai. Dengan bersihnya lingkungan kami, tentu wisatawan Pantai Tanjung Pendam akan nyaman berlama-lama di area pantai, dan secara langsung juga dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di area pantai nantinya,” sambung Nikky.

Giat gotong royong bersih-bersih pantai merupakan satu dari beberapa program PLN terkait dengan pelestarian lingkungan.

Program lain yang menjadi prioritas untuk di realisasikan diantaranya program pemanfaatan FABA, konservasi flora dan fauna, penanaman mangrove, penyediaan air bersih, hingga menjaga ekosistem kelautan.

Secara keseluruhan aktivitas peringatan hari bumi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, menginspirasi perubahan, dan membina hubungan yang lebih dalam dengan alam dalam upaya melindungi bumi saat ini dan generasi mendatang. (*/TRAS)

 

Pos terkait