PMI Bangka Adakan Dialog Warga, Masyarakat Sinar Jaya Jelutung Sambut dengan Antusias

Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka mengadakan dialog santai bersama masyarakat Kelurahan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (23/12/2021) malam, di salah satu warung kopi setempat. (ist)

Penulis: JAM
BANGKA, TRASBERITA.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Bangka mengadakan dialog santai bersama masyarakat Kelurahan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (23/12/2021) malam, di salah satu warung kopi setempat.

Dialog yang mengusung tema ‘Membangun Kesadaran Berdonor Darah’ itu diisi oleh Ketua PMI Bangka dr Egha, beserta Pembina Umum Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka Ardianto.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kegiatan Lurah Sinar Jaya Jelutung Siska, di dampingi Kasi Pemerintahan, dan Kepala Lingkungan Sinar Jaya Pahrizal beserta jajaran RT.

Dalam wawancara dengan media, dr Egha menyampaikan rasa terima kasih berkat kerjasama antar pihak dalam menyelenggarakan dialog warga ini, sebab keperluan darah saat ini ia katakan menjadi kebutuhan prioritas.

“Pemenuhan kebutuhan darah ini kewajiban sesama kita, dan diharapkan melalui acara ini makin banyak yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, dan itu langkah awal yang penting,” ujar dr. Egha.

Ke depan dokter muda ini berharap dialog warga seperti ini dapat terselenggara lagi dengan melibatkan partisipasi dari semua pihak terkait dan elemen masyarakat.

“Semoga ini suatu langkah untuk kemudian memaksimalkan jumlah pendonor aktif. Bisa memenuhi angka minimal sekian persen dari total jumlah penduduk dalam setahun sebagai pendonor sukarela yang aktif,” harapnya.

Sementara Ardianto selaku Pembina Utama KPD Bangka juga mengharapkan hal yang sama, supaya kesadaran masyarakat untuk berdonor darah melalui dialog ini dapat ditingkatkan.

“Melalui acara ngopi bareng PMI Bangka di ‘Warkop Teguh’ ini bisa membuka wawasan warga yang hadir tentang manfaat donor darah yang disampaikan langsung oleh dr. Egha, dan [dapat] mengetuk hati orang-orang yang belum pernah donor untuk mendonorkan darahnya,” ujar Ardianto atau akrab disapa Kinoy.

Ia melanjutkan, KPD senantiasa membuka diri dan siap berkolaborasi dengan pihak manapun yang ingin mengadakan kegiatan serupa di tempat-tempat yang lain, dengan sasaran utamanya ialah kalangan remaja.

“Semoga acara ini bisa dilaksanakan juga di warkop-warkop lain atau tempat tongkrongan anak muda dengan menyasar anak muda yang mendapat edukasi dan informasi mengenai donor darah, sehingga diharapkan mereka nanti yang akan meneruskan menjadi pendonor dan menjadikan donor darah sebagai sarana beramal jariah dan gaya hidup sehat,” tegas Kinoy.

Sedangkan Pahrizal sebagai kepala lingkungan setempat menyambut antusias diadakannya dialog warga ini.

Ia menilai program seperti ini memang sudah selayaknya diadakan PMI dan KPD Bangka, agar wawasan masyarakat mengenai donor darah semakin tercerahkan.

“Tujuan diadakan ngopi bareng PMI Bangka ini untuk memberikan semangat kepada warga agar berbagi pemahaman sehingga nanti bisa membantu sesama pasien, atau keluarga yang sedang membutuhkan darah,” ujar Pahrizal sembari ucapkan terima kasih kepada warga Sinar Jaya yang telah hadir, dan juga kepada pihak ‘Warkop Teguh’ selaku penyelenggara. (tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *