Ponpes Gadung Gelar Beragam Lomba Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pesantren Gadung Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (6/10/2022). (ist)

Penulis: Syamsul Bahri 
BANGKASELATAN, TRASBERITA.COM — Bertepatan dengan 8 Rabiul Awwal 1444 H, Pesantren Gadung Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (6/10/2022).

Acara ini dipusatkan di Lapangan Upacara Pesantren Gadung dan diikuti oleh seluruh santri.

Bacaan Lainnya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengambil tema “Jadikanlah Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai Pondasi Akhlak Generasi Masa Kini”.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang diwakili Kepala Seksi PAPKIS, Wakapolres Kabupaten Bangka Selatan, Pengawas MTs dan MA Kabupaten Bangka Selatan.

Ikut hadir juga Kepala SD se-Kecamatan Toboali, Kepala Desa Gadung, BPD Gadung, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah, Kepala MTs & MA Al-Hidayah, Orang Tua Asuh santri kelas unggulan dan para undangan lainnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pesantren Gadung tahun ini sangat meriah, karena sebelum perayaan diadakan terlebih dahulu berbagai perlombaan.

Beragam perlombaan itu antara lain ceramah agama, lomba sholawat nabi, lomba busana muslim/muslimah, dan lomba tahfizh qur’an juz 1 dan juz 30.

Perlombaan diikuti santri/santriwati Pondok Pesantren Al-Hidayah Gadung.

Seluruh santri tampak antusias mengikuti perlombaan, sehingga dalam satu perlombaan saja diikuti seratus lebih peserta.

Menurut Ketua Panitia yang juga Pembina Rohis, Siti Nurhayati, terlaksananya kegiatan ini berkat kerjasama seluruh ustadz/ustadzah, pengurus rohis dan panitia.

Siti mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, sehingga rangkaian kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses.

Siti menambahkan acara ini merupakan puncak dari rentetan acara menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebelum acara puncak ini dilaksanakan, panitia sudah melaksanakan berbagai lomba untuk para santri, selama 2 hari yaitu tanggal 3-4 Oktober 2022.

“Saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun ini,” ujar Siti.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hidayah Gadung, Kyai Abdul Woni, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan.

Kyai Abdul Woni berharap dukungan semua pihak akan terus mengalir terhadap Pesantren Gadung.

“Suksesnya acara hari ini tentunya karena dukungan semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak. Harapan saya dukungan tetap diberikan kepada Pesantren Gadung ini, sehingga Pesantren Gadung bisa terus eksis dalam menelurkan bibit-bibit santri berkualitas,” ujar Abdul Woni.

Selanjutnya Ketua Yayasan Pondok Pesantren Modern (YPPM) Al-Hidayah, Syafri, dalam sambutan singkatnya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan ustadz/ustadzah yang sudah bekerja sama mensukseskan kegiatan ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang diwakili oleh Kasi Papkis, Jumiati, dalam sambutannya mengajak semua santri agar tidak malu menjadi santri pondok pesantren.

Pasalnya, kata Jumiati, santri pondok pesantren memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang tidak berada di pondok pesantren.

Jumiati mencontohkan ada beberapa perlombaan yang hanya bisa diikuti oleh santri pondok pesantren, diantaranya pospeda.

“Sebagai santri pondok pesantren kalian harus bangga dan jangan malu, karena santri pondok pesantren itu memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang tidak belajar di pondok pesantren. Sebagai contoh ada beberapa even yang hanya bisa diiikuti oleh santri pondok pesantren, seperti pospeda (pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren daerah). Jadi, sekali lagi jangan minder bersekolah di pondok pesantren.” pinta Jumiati.

Kegiatan ini peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga diisi ceramah agama oleh santri yang menjadi juara dalam lomba ceramah agama.

Selanjutnya acara diakhiri pembagian hadiah untuk para juara perlombaan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. (tras)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *