Rafika Duri Bikin Vide Klip Lagu Daerah Bangka

Penulis: Sasmita Dwipa

SUNGAILIAT, TRASBERITA.COM—Rafika Duri penyanyi terkenal di era 70-an kembali ke daerahnya di pulau bangka untuk membuat video klip lagu daerah yang dikenal dengan timah dan
ladanya ini. Wanita cantik yang masa kecil dan besarnya di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka ini akan menyanyi tiga lagu dengan judul negeri serumpun sebalai, cinta di baturusa, dan air anyer.

Bacaan Lainnya

Rafika menuturkan, awalnya lagu daerah akan dibuat bergenre jazz yang dikolaborasikan dengan lagu pop yang berkolaborasi dengan almarhum Idang Rasjidi, menceritakan tentang keindahan bangka memberikan semangat bagi anak – anak muda sekaligus memperkenalkan pariwisata yang ada di bangka Belitung.

“Kami berterima kasih kepada Bupati Bangka yang telah memfasilitasi untuk bertemu dengan rekan- rekan pers di bangka dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa masih diberikan kesempatan untuk memperkenalkan sembari mempromosikan lagu daerah bangka, agar pariwisata di bangka bisa lebih dikenal melalui lagu dan potensi pariwisatanya.

Tiga lagu daerah dengan campuran bahasa melayu dan bangka ini akan kami unggah di channel youtube Rafika Duri, karena di era digital ini semuanya lebih mudah diakses untuk dikomunikasikan, dengan berbagai latar gambar terutama kota sungailiat serta objek wisata pantai di bangka yang sangat dikenal dengan pasir pantainya yang putih, seperti danau kaolin, pasir padi, dan termasuk juga kebun ladanya akan ditampilkan,” ujar Rafika Duri yang didampingi pengarang lagu Nelly Astari di rumah dinas bupati bangka, Rabu (24/8/2022) malam.

Rafika Duri mengatakan, dirinya di bangka dengan masa kecil hingga SD tentunya tak lupa akan pantai- pantainya terutama di Kota Sungailiat dengan latar bebatuan dan pantainya berpasir putih cukup indah dan menakjubkan sebagai daya tarik wisata. Begitu pula kulinernya dengan laksa, pantiaw, dan martabak bangkanya yang enak dan terkenal di seluruh Indonesia sehingga.

“Sehingga kami merasa kurang pas kalau dalam video klip ini tidak mengambil latar gambar wisatanya bangka. Apalagi lagu – lagu ini menceritakan tidak hanya tentang tradisi bangka, seperti nganggung dan tapi juga tentang hasil bumi bangka, agar orang bangka bisa tersenyum dengan terangkatnya sektor pariwisata di bangka,” jelas Rafika Duri. (Tras)

Rafika mengatakan, ke depan Lagu – lagu lainnya ini juga diaransemen dengan musik tradisonal lama, Seperti dambus dan lainnya sehingga penyanyi asal bangka yang kini sering menjadi pemenang ajang lomba menyanyi tingkat nasional ini sudah selayaknya untuk dikumpulkan dan dinaikkan karena potensi seniman di bangka cukup bagus sehingga lagu- lagu daerah bangka bisa populer di tanah air dan hal ini merupakan bentuk kontribusi dan kecintaan penyanyi asal bangka terhadap daerahnya sendiri.(Tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *