Ritual Nyimah Laut, Berharap Corona Pergi Bersama Sampan Yang Dihanyutkan

SIMPANGTERITIP, TRASBERITA.COM —Ritual Nyimah Laot atau yang popular dengan sebutan Muang Jong adalah salah satu kegiatan¬† Ritual Adat Trah Suku Laut/Suku Sekak/Orang Merah. Seperti yang digelar oleh masyarakat Suku Laut Keranji Desa Rambat Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat, Minggu (27 Juni 2021).

Acara ritual adat tahunan yang dilaksanakan setiap pertengahan Bulan Zulkaidah ini dipimpin langsung Dukun Suku Laut Keranji Nek Endang, di dampingi Punggawa Jumadi alias Gudel dan dihadiri pula Tokoh Adat Suku Jering, Imam Setana Jering Amantubillah Lembaga Adat Melayu Jering Bangka Belitung Pangeran Dato Rdo Sri Sardi Alpalangasi.

Bacaan Lainnya

Ritual diawali dengan arak-arakan membawa Jong (Sampan kecil yang berisi sesajen) ke Batu Keranji di Pantai Keranji Desa Rambat (sekitar 500 meter). Setiba di Batu Keranji, Jong diletakkan di atas bebatuan.

Ritual diawali dengan nyimah salam di buritan Jong.


Setelah membaca beberapa bait mantera salam, Dukun Laut Nek Endang bersama Punggawa Jumadi beserta imam Setana Jering naik ke Tanjung Batu Keranji.

Di tempat tersebut Dukun Laut nyimah dan memanggil sejumlah Panglima Ghaib untuk menghadiri acara ritual tersebut, seperti Panglima Merah, Panglima Kuneng, Panglima Kurus, Panglima Gadang, Panglima Uret Jelutong, Putri Kayu Indah, Tri Wulang Gunung Penyabong, dan Panglima Ghaib lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *