Sajidah Akhirnya Ditetapkan Jadi Juara Favorit Napak Tilas Pahlawan 12

Penulis : Meilanto & Kulul Sari

PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — SMA Negeri 1 Namang yang diwakili anggota Pramuka mengikuti kegiatan Napak Tilas Pahlawan 12.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diselenggarakan Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) Bangka Belitung, di Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Sabtu (2/7/2022).

Acara napak tilas ini dilepas Pembina KOPASSAS Wahyudi MA, dengan rute sejauh 8 Km melewati Tugu dan Makam Pahlawan 12 di Desa Petaling Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka.

Dalam kegiatan ini, SMA Negeri 1 Namang didukung Kepala Sekolah Jumani MPd yang mengirimkan enam regu terdiri dari dua regu putra dan empat regu putri.

Regu putra diberi nama HM Noor dan Ali Samid, dengan guru pendamping Meilanto.

Sedangkan regu putri diberi nama Sajidah, Dakim, Hamidah dan RA Inderawati, dengan guru pendamping Nurhuda.

Penggunaan nama-nama regu yang menggunakan nama pejuang lokal tersebut, diakui Meilanto, bertujuan untuk memperkenalkan nama-nama tokoh pejuang Bangka Belitung,

“Tujuan dari menggunakan nama pejuang lokal ini supaya peserta didik bisa mengetahui pejuang atau tokoh yang berperan besar bagi Bangka Belitung. Seperti Ali Samid dan HM Nor adalah pejuang dari Koba dan Nibung Bangka Tengah. Dakim adalah ibu dari Depati Amir. Sajidah saudara perempuan Depati Amir. Hamidah penulis novel “Kehilangan Mestika” yang diterbitkan oleh Balai Pustaka. Dan terakhir adalah RA Inderawati adalah tokoh perempuan yang dipercaya oleh Presiden Sukarno menggantikan bunga mawar di kamar sang presiden di Wisma Ranggam Mentok saat Bung Karno diasingkan ke Mentok tahun 1949 silam”, jelas Meilanto.

Kegiatan Napak Tilas diikuti berbagai organisasi Mapala, Sispala, dan para pecinta alam lainnya.

Rute yang dilalui sangat menantang, yaitu melewati rawa-rawa dan rute lainnya yang telah disiapkan oleh panitia.

Pada rute yang ditempuh, sedikitnya ada 6 pos yang dilalui oleh peserta.

Setiap pos ada tantangan masing-masing seperti menjawab soal tentang Pahlawan 12, sejarah KOPASSAS Bangka Belitung, game untuk melatih kekompakan, yel-yel, mencatat flora dan fauna yang ditemui di sepanjang rute, memungut dan memilah sampah.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam satu hari tersebut, akhirnya menetapkan regu Sajidah keluar sebagai regu favorit.

Kostum yang mereka gunakan yaitu rompi yang dibuat dari karung bekas dan hiasan lainnya juga menggunakan barang bekas.

Regu Sajidah terdiri dari siswi SMAN negeri 1 Namang yaitu Kisnia Rawti, Dhafina, Arum, Siti Ayu dan Mise.

Sedangkan Regu RA Inderawati ditetapkan sebagai juara 3.

Regu ini terdiri dari Alivia, Niar Adisti, Zalfi, Vista, dan Ayu Sri Mutia dari SMA Negeri 1 Namang.

Sementara itu regu putra dari SMA Negeri 1 Namang belum berhasil menjuarai kegiatan Napak Tilas Pahlawan 12 tahun 2022 ini.

Para juara mendapatkan tropi, piagam penghargaan dan medali.

Selain itu panitia menyiapkan 5 juara lainya yaitu Regu Terunik, Regu Terfavorit, Juara 3, Juara 2 dan Juara 1, dengan kategori putra dan putri. (tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.