Santri Ponpes Hidayatussalikhin Berziarah ke Makam Wali Songo

Sebanyak 88 Santri Ponpes Syarif Hidayatullah Bangka Belitung/Ponpes Hidayatussalikin Pangkalpinang berziarah ke makam para waliyullah atau makam para tokoh ulama yang telah menyebar agama Islam Nusantara di pulau Jawa dan Madura, 16-22 September 2022. (Ist)

Laporan: adiyos
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — Pengasuh Ponpes Syarif Hidayatullah Bangka Belitung/Ponpes Hidayatussalikin Pangkalpinang Ustadz Ahmad Syaekhu memimpin keberangkatan rombongan para santri dari Pangkalpinang ke Jakarta, untuk berziarah ke makam para waliyullah atau makam para tokoh ulama yang telah menyebar agama Islam Nusantara di pulau Jawa dan Madura.

Rombongan diikuti 88 orang santri, berlangsung mulai 16-22 September 2022.

Bacaan Lainnya

Kunjungan ziarah pertama kali ditujukan ke makam Sayyid Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati di Cirebon.

Sebagaimana diketahui bahwa Sunan Gunung Jati merupakan salah satu Wali Sembilan (Wali Songo) yang berdasarkan catatan sejarah menjadi ulama besar Islam nusantara.

Sunan Gunung Jati menjadi tokoh kunci melahirkan para wali songo berikutnya dalam menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa dan Madura.

Ustadz Ahmad Syaekhu menjelaskan program wisata religi ziarah ke makam para ulama waliyullah sebagai agenda rutin tahunan yang bertujuan mengkader para santri menjadi calon ulama Islam Nusantara.

Para santri diharapkan mendapatkan barokah ilmu secara bersanad diwariskan para ulama terdahulu.

Selain itu, program ini juga bertujuan menanamkan nilai spritual bagi para santri selama mengikuti program wisata ziarah para waliyullah ini.

Berdasarkan agenda yang terjadwal, ada beberapa tempat yang diagendakan mulai dari ziarah makam Sunan Gunung Jati Cirebon, makam KH Mujtahid bin KH Masyhadi Abdul Qodir Brebes, Makam Sayyid Ahmad bin Abdullah Al-Athos di Sapuro Pekalongan, Makam Sunan Kalijaga Kadilangu, Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria, Makam Sunan Bonang Tuban, Makam Syech Asmoro Qondi Tuban, Makam Sunan Derajat Lamongan, Makam Syech Maulana Malik Ibrahim Gersik, Makam Sunan Giri, Makam Sunan Ampel Surabaya, dan Makam Syech Kholil Bangkalan Madura.

Selain ziarah makam waliyullah, para santri juga akan mengunjungi obyek wisata modern Jatim Park 1 dan 2 di Batu Malang Jawa Timur, BNS Batu Malang, Taman Selekta Batu Malang, Musium Angkut Malang, dan Objek wisata modern Pemandian Air Panas Gucci Tegal Jawa Tengah.

Hal terpenting disampaikan bahwa selama proses kegiatan Wisata ziarah dilakukan, para walisantri senantiasa dikabari tentang kegiatan Wisata.

Hal ini bertujuan agar para orangtua senantiasa mendapatkan kabar putra-putri mereka.

Selain itu para walisantri dan sekaligus juga termotivasi untuk memanfaatkan waktu liburan bergabung dalam program wisata religi berikutnya. (tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *