Silaturrahmi Bangka Belitung 2022, Cetak Omset Transaksi UMK Hingga Rp 500 juta

Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin melantik pengurus IKM Babel 2022-2025, di ruang pertemuan Gedung Serba Guna Senayan Jakarta, Sabtu (2/7/2022). (ist)

Penulis: Aswandi 

JAKARTA, TRASBERITA.COM — “Seger kita men pacak bejual macem ni tiap ari,” kata Shinta, salah satu peserta bazaar “Silaturahmi Akbar dan Festival Kuliner Bangka Belitung 2022”.

Bacaan Lainnya

Shinta yang berdagang makanan olahan ikan itu dapat mencetak penjualan sebesar Rp 4,7 juta.

Tidak hanya pedagang makanan, pedagang produk non makanan lainya pun mengalami hal yang sama.

“Dari cerita para pedagang, mereka rata-rata mengantongi omzet Rp 3-4 juta. Dengan jumlah booth 126 unit, diestimasikan kisaran Rp 500 juta alias setengah miliar rupiah yang ditransaksikan dalam aktivitas di booth bazar itu,” kata Rizani Usman, Ketua SC (Steerring coomittee) Silahturrahmi Akbar dan Festival Kuliner Bangka Belitung 2022, Sabtu (2/7/2022).

Capaian ini tidak terlepas dari membludaknya pengunjung yang memadati area parkir Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta yang dijadikan sebagai arena bazaar.

Pengunjung tidak hanya datang dari sekitar Jabotadetabek saja, tetapi juga datang dari Jawa Barat, Banten, Jateng, dan Sumbagsel.

Mereka datang menggunakan kendaraan pribadi dan ada juga yang menggunakan bis, seperti yang dilakukan para pengunjung dari Bogor dan Bandung.

“Dari jumlah kupon makan yang kita cetak sebanyak 2.500 lembar habis semua. Kita perkirakan jumlah pengunjung sekitar 5.000 orang. Karena satu keluarga hanya kita berikan maksimal 3 kupon,” kata Syahrial Ridho, Ketua Panitia.

Syahrial tak henti-hentinya mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT yang telah memberikan cuaca yang kondusif untuk acara itu.

Semula pantia sempat membuat plan B jika terjadi hujan, terutama untuk melindungi dagangan para peserta bazaar.

Sementara itu Azwardy Azhar, Ketua Umum IKM Babel mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah ikut andil mensukseskan acara ini.

Menurutnya, kesuksesan acara ini tidak terlepas dari peran semua pihak yang telah mensupport dan menyebarkan semangat berbagi warga Babel.

“Narasi yang kita bangun adalah semangat berbagi. Berbagi apa saja. Bisa berbagi materi, waktu tenaga, ide dan gagasan dan lain-lain. Anda yang berkelebihan rizki datang dan berbagilah dengan membeli barang jualan saudara kita yang sedang kesulitan berjualan karena pandemic,” kata Away, panggilan akrab Azwardy. Away menegaskan akan terus mejaga semangat berbagi ini dalam program kerja pengurus IKM Babel 2022-2025.

Salah satunya adalah program Balik Kampung untuk berbagi dengan warga Babel di Bangka dan Belitong.

Penabalan Pengurus IKM Babel 2022 – 2025

Momentum silaturrahmi akbar ini juga diisi dengan penabalan (pelantikan) pengurus IKM Babel 2022-2025.

Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin melantik pengurus di ruang pertemuan Gedung Serba Guna Senayan.

Adapun pengurus IKM Babel 2022 -2025, Ketua Umum dijabat oleh Azwardy Azhar, yang dipilih secara aklamasi dalam Musyawarah Bersama (Mubes) 18 Mei 2022 lalu.

Sekretaris Umum, Rizani Usman dan Bandahara Umum, Syahrial Ridho.

Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, dalam sambutannya mengungkapkan rasa senangnya hadir di tengah warga Babel di perantauan.

Menurutnya, suasana keakraban dan persaudaraanny sangat terasa.

“Ini suasananya sangat beda dengan suasana di group WA.” Kata Ridwan yang disambut tawa hadirin.

“Di group WA kita belum kerja, kritiknya sudah macam-macam yang bikin kita harus nahan napas,” sambungnya.

Ridwan mengajak kepada semua warga Babel untuk bekerjasama mengatasi masalah yang ada di Babel saat ini.

Babel, kata Ridwan adalah salah propinsi dengan angka pernikahan dini tertinggi di Indonesia dan salah satu wilayah yang kekurangan pasokan ikan.

Pemerintah tidak bisa sendiri mengatasinya, tetapi harus bersinergi dan berkolaborasi dengan semua lapisan masyarakat Bangka Belitung.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur beserta istri berkeliling meninjau semua stand bazzar dan berkesempatan mencicipi beberapa makanan yang dijual peserta.

Melihat antusiasme pengunjung dan para peserta bazzar, Ridwan berbisik kepada Azwardy yang berada di sebelahnya.

“Pak Away, kapan waktu nanti acara seperti ini harus kita adakan juga di Bangka Belitung,” katanya sambil terus berjalan. (*/tras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *