Suksesnya Jobfair ke-2 Tahun 2023 Pangkalpinang, Solusi Menekan Pengangguran

Laporan : Yulia

PANGKALPINANG, TRASBERITA COM – Gebyar Akhir Tahun Jobfair Kota Pangkalpinang ke- 2 tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja ( DPMPSP dan Naker) Kota Pangkalpinang, sukses mencapai tujuannya untuk mempertemukan para pencari kerja dengan dunia usaha atau perusahaan. Sehingga dengan kegiatan ini dapat menjadi salah satu solusi dalam upaya berkelanjutan menekan angka pengaguran dan kemiskinan khususnya di Kota Pangkalpinang.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang, Chaidir mengaku bersyukur karena kegiatan ini diminati sebanyak 473 pencari kerja yang mendaftarkan diri termasui diluar yang mendaftarkan diri melalui online bahkan jobfair ini juga disambut baik oleh 17 dunia usaha yang care, 4 kalangan tenaga kerja mandiri kelompok kerja mandiri binaan Kementerian Tenaga Kerja RI, 8 UMKM dan 1 MBK UBB. Jobfair ke-2 tahun 2023 ini juga berhasil memberikan peluang 47 jabatan kepada pencari kerja.

Chadir optimis dengan jobfair dapat menjadi salah satu solusi dalam menekan angka pengangguran di Kota Pangkalpinang yang terbilang masih tinggi dan didominasi dari tamatan sekolah SMA/ sederajat. Apalagi berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang mencatat setiap tahun ada kurang lebih 6000 orang yang menamatkan sekolah menegah atas ini.Namun yang terserap di dunia kerja masih di bawah 3000 orang termasuk yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Untuk itu DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang berkomitmen untuk terus hadir dan melihat kondisi ini secara bersama-sama dengan berbagai pihak termasuk menggandeng kalangan dunia usaha menemukan solusi, dan salah satunya adalah melalui jobfair yang ditahun 2023 telah dilaksanakan sebanyak 2 kali.

“Kita apresisi dan berterimakasih atas dukungan berbagai pihak termasuk dari kalangan dunia usaha, UMKM dan MBKM UBB yang telah ikut terlibat dan mensukseskan acara ini,” sebutnya.

Ada banyak hal menarik dari jobfair ke- 2 tahun 2023 ini, karena selain diisi oleh para perusahaan bonafit di Pangkalpinang, UMKM berkemajuan tetapi juga ada dari kelompok MBKM UBB yang memang dimonitori para perempuan muda kreatif dan inovatif UBB

Menariknyan dalam kesempatan ini DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang juga memberikan reward untuk para dunia usaha, UMKM dan MBKM yang berhasil paling menarik atensi terbanyak dari para pencari kerja di dalam kesempatan jobfair ke- tahun 2023 ini. Salah satunya adalah kepada BRI dan yang terpilih sebagai terfavorit.

Chaidir optimis melalui kegiatan jobfair ini dapat semakin membantu menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Pangkalpinang.

“Untuk itu hal baik dan sangat positif semacam ini juga harus dapat menjadi pesan berantai termasuk oleh media massa cetak maupun elektrobik, supaya masyarakat luas semakin mendapatkan informasi yang baik, bahwa pemerintah terus berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat proses pembangunan di Kota Pangkalpinang, menekan angka pengangguran dan kemiskinan melalui jobfair demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik khususnya di Kota Pangkalpinang secara berkelanjutan,” harap Chaidir. (Tras)

Pos terkait