Syukuran Berdirinya Gedung MUI Babel, Menguatkan Syiar Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam

Laporan : Yulia
PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar silaturahmi dengan MUI Kabupaten dan Kota beserta jajaran pengurus harian dan dewan pertimbangan MUI se Bangka Belitung. Kegiatan ini berlangsung di Kantor MUI Babel di Jl.Kampung Melayu Kampak Pangkalpinang, Rabu (06/12/2023).

Ketua MUI Bangka Belitung, Zayadi Hamzah menjelaskan bahwa silaturahmi bertujuan sebagai bentuk mensyukuri atas selesainya pembangunan gedung kantor MUI Babel di Jl.Kampung Melayu Kampak Pangkalpinang oleh dana hibah Provinsi Babel tahun 2022. Tahap pembangunan ini telah diselesaikan akhir 2022 dan saat ini telah dioperasikan. “Sekaligus kegiatan ini sebagai tanda peresmian atas berdirinya gedung MUI Babel,” sebut Zayadi.

Bacaan Lainnya

Ia mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Babel khususnya melalui Biro Kesra Babel yang telah memenuhi harapan terwujud sudah gedung kantor MUI Babel yang kini sudah permanent dan refresentatif.

Mantan Rektor IAIN SAS Babel Periode 2018 – 2022 ini optimis gedung baru MUI Babel ini juga akan mampu memberikan harapan lebih baik bagi seluruh komponen MUI seperti LPPOM MUI, Baznas, Gerakan Nasional Anti Narkoba Majelis Ulama Indonesia (Ganas Annar MUI), Dewan Syariah Nasional MUI, Koperasi Syariah Babel dan lain sebagainya untuk bersatu, memperkuat independensi organisasi serta mencapai tujuan syiar dakwah MUI dan pemberdayaan ekonomi umat di tengah masyarakat bangsa dan negara.

“Selanjutnya kita juga optimis dapat semakin mengarahkan kepada pemberdayaan umat melalui komisi-komisi yang ada di MUI Babel, karena ada fasilitas yang lebih memadai, sehingga bisa ngantor bersama di sini. Ke depan, kita juga akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dan konkrit dengan Pemprov Babel, supaya operasional kantor bisa didanai dengan dana hibah, karena hal ini penting jika memang sesuai dengan payung hukum yang ada,” ujar Zayadi Hamzah yang juga didampingi Sekretaris Umum MUI Babel, Akhmad Luthfi.

Kepala Biro Kesra Provinsi Kepulauan Babel, Suhaimi juga mengucapkan syukur atas telah selesainya pembangunan dan diresmikannya gedung MUI Babel. Sehingga gedung ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk berkumpul bagi seluruh komponen pengurus MUI.

“Sekarang semua sudah dapat berkumpul di sini untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah ini dengan sebaik-baiknya dalam mencapai visi-misi MUI dalam memperkuat syiar dan dakwah Islam serta meningkatkan kualitas umat Islam yang berkualitas tinggi (khaira Ummah) dan berdaya dalam ekonomi.

“Kalau sekarang pembangunan gedung MUI Babel lantai 1 sudah selesai dan telah dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan operasional MUI Babel, namun ke depan pastinya kita akan terus bersama-sama memperjuangkan keberlanjutan pembangunan lantai gedung berikutnya,” tambahnya.

Suhaimi memastikan bahwa Pemprov Babel juga terus berkomitmen untuk bersama-sama membersarkan MUI Babel ke depan. Semangat ini terus tumbuh, karena juga telah didukung dengan ketersedian sarana prasarana yang lebih memadai.

”Sehingga sudah seharusnya dengan fasilitas yang sudah ada dan lebih baik ini dapat menjadi pemantik atau amunisi membangun semangat kinerja dan kiprah MUI yang lebih baik sebagai umarok di tengah-tengah umat dan masyarakat Babel, sehingga umat dapat merasakan kemaslahatannya,” sebut Suhaimi

Biro Kesra Babel bersama-sama dengan semua pemangku kebijakan MUI akan selalu siap berkoordinasi guna mengembangkan sarana fisik maupun program-program perioritas dan unggulan MUI Babel lainnya, agar lembaga milik umat Islam ini dapat semakin eksis dan kuat termasuk dalam ketersediaan dana operasional MUI melalui dana hibah ini yang kiranya dapat diberikan setiap tahun secara rutin supaya program-program MUI agar dapat semakin aktif bergerak. (*/Tras)

Pos terkait