Tiga Bakesbangpol di Babel Raih P4GN Award

Laporan: bim

PANGKALPINANG, TRASBERITA.COM — Tiga Kantor Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih P4GN Award.

Bacaan Lainnya

Diantaranya Bakesbangpol Kabupaten Bangka Barat (Babar) yang meraih juara 1, juara 2 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dan juara 3 Kota Pangkalpinang.

Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kota Pangkalpinang, Kamis (7/12/2023) ini diawali dengan sambutan dari Plt Kepala Badan Kesbangpol Babel Kurniawan dan selanjutnya dibuka oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Babel Ahmad Yani Hazir.

Plt Kepala Bakesbangpol Babel, Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Tak hanya itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagr) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkoba.

“Untuk mendukung program P4GN, diperlukan peningkatan peran pemerintah daerah (Pemda) serta masyarakat dalam surat Gubernur NO.0026/0375/Kesbangpol-IV yang merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam penanganan P4GN di daerah. Sesuai dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tersebut dan Pergub Nomor 39 Tahun 2018 bahwa fasilitasi pembinaan pengawasan P4GN diketuai oleh Bakesbangpol,” katanya.

Menurutnya, P4GN Award ini untuk memberikan informasi dan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat dan seluru aparat Pemda akan bahaya narkoba dan langkah-langkah pencegahannya

“P4GN Award ini untuk menyinergikan dan menyukseskan pelaksanaan program P4GN baik di provinsi maupun kabupaten/kota,” sambung Kurniawan .

Dia menambahkan bahwa penilaian P4GN Award ini dilakukan dalam dua tahap sesuai dengan Surat Gubernur.

“Pelaksanaan ini untuk yang kedua kalinya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan pertama kali di Indonesia,” tambah Kurniawan.

Ditempat yang sama, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Babel Ahmad Yani Hazir sangat mengapesiasi kegiatan P4GN Award yang digelar oleh Bakesbangpol ini.

“Kami bersinergitas untuk perang terhadap penyebaran narkoba ini. Kita harus bekerja sama dalam menekan penyebaran narkoba ini,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatangan kesepakatan bersama war on drugs. (*/TRAS)

Pos terkait