Tranformasi Budaya Masyarakat di Indonesia, Karakter, dan Aspek-aspek ‎yang Mempengaruhi Nilai Keagamaan

Transformasi Budaya. (Shutterstock.com 1744669700)

Penulis: A Karim A

TRASBERITA.COM — Tranformasi budaya adalah fenomena umum dan merupakan ciri dari suatu komunitas dan ‎individu masyarakat. Hal itu dikarenakan sebagai ekspresi transformasi ‎struktural yang terjadi ‎dalam masyarakat yang didominasi struktur demografis, sistem, institusi, fenomena sosial ‎dan ‎hubungan antar lapisan dari golongan masyarakatnya, dan perubahan yang menyertainya dalam ‎nilai, tren, dan pola ‎perilaku yang berbeda, yang merupakan pilar penting dari budaya yang ‎diproduksi melalui sistem masyarakat itu sendiri.‎

Perubahan budaya, ekonomi, sosial, dan politik, terus berlangsung dalam masyarakat Indonesia ‎selama ‎beberapa dekade terakhir, yang menyebabkan perubahan mendasar dalam struktur dan ‎fungsi ‎dari berbagai lembaga sosial, pada fase pasca-reformasi.‎

Sebagaiman diketahui, Era reformasi atau era pasca-Suharto di Indonesia dimulai pada tahun ‎‎1998, tepatnya saat Kejatuhan Soeharto pada 21 Mei 1998 dan digantikan oleh wakil presiden ‎saat itu, B.J. Habibie. Periode ini didirikan oleh lingkungan sosial politik yang lebih terbuka.‎

Sejarah mencatat, bahwa isu-isu selama periode ini di antaranya dorongan untuk menerapkan ‎demokrasi dan pemerintahan sipil yang lebih kuat, elemen Tentara Nasional Indonesia yang ‎mencoba untuk mempertahankan pengaruhnya, Islamisme yang tumbuh dalam politik dan ‎masyarakat umum, serta tuntutan otonomi daerah yang lebih besar. ‎

Sehingga, proses reformasi menghasilkan tingkat kebebasan berbicara yang lebih tinggi, berbeda ‎dengan penyensoran yang meluas saat Orde Baru. Akibatnya, debat politik menjadi lebih terbuka ‎di media massa dan ekspresi seni makin meningkat. Peristiwa-peristiwa yang telah membentuk ‎Indonesia dalam periode ini di antaranya serangkaian peristiwa terorisme (termasuk bom Bali ‎‎2002), serta gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004. [Baca Wikipedia: Era Reformasi].‎

Karakteristik dan Faktor Tranformasi Kultur Budaya di Indonesia

Masyarakat Indonesia telah dibedakan selama berabad-abad oleh ciri-ciri yang lebih mendekati ‎stabilitas. Dan oleh karena itu, para sarjana dan kaun intelektual menganggapnya sebagai ciri-ciri autentik, di mana ‎stabilitas relatif dari fitur-‎fitur ini adalah karena hubungannya dengan faktor-faktor geografis dan ‎iklim yang relatif stabil. ‎Namun transformasi kualitatif terjadi pada beberapa ciri, misalnya ada ‎yang menggunakan ‎kecerdasan intelektualnya melalui banyak tulisan, dan terdapat juga banyak ‎bentuk religiusitas atau produk dari nilai-nilai keagamaan.‎

Adapun stabilitas tersebut, terjadi setelah eskalasi fenomena imigrasi dari suatu negara ke negara lain dan urbanisasi dari desa ke ‎luar kota, ‎yang berubah menjadi “impian” bagi banyak masyarakat untuk mencapai tujuannya. Hal ‎ini ‎disebabkan oleh faktor-faktor perubahan yang dialami masyarakat, yang tidak berdiri sendiri ‎satu sama ‎lain, tetapi saling terkait dan berinteraksi, yang meliputi faktor ekonomi, sosial dan ‎budaya.‎

Transformasi ekonomi telah mendorong negara untuk mengadopsi kebijakan penyesuaian ‎struktural ‎dan program reformasi ekonomi sejak awal tahun 90-an pada abad ke-20, yang ‎secara ‎langsung tercermin pada masyarakat, karena tingkat pendapatan dan kondisi kehidupan ‎keluarga ‎menurun yang meyebabkan perbedaan dengan tingkat pendapatan yang tinggi, tingkat ‎kemiskinan dan ‎pengangguran, serta semakin melebarnya kesenjangan antar kelas ‎sosial masyarakat (class disparity), yang ‎mendorong banyak masyarakat untuk mengambil pekerjaan ‎tambahan atau terlibat dalam sektor ‎informal untuk waktu yang lama, atau bepergian untuk ‎bekerja di luar kota.‎

Revolusi komunikasi dan informasi juga menyebabkan pemulihan hubungan antara negara ‎dan ‎masyarakat maju dan berkembang, dan antara budaya yang berbeda. Sehingga masyarakat ‎kontemporer telah ‎ditiup oleh semua variabel dan pengaruh regional dan global, yang ‎membuatnya jatuh di antara akar nilai dan warisan, yang menariknya menjadi konsumen modern, ‎konsumen media digital, inovasi budaya, apakah itu pantas untuk privasinya dan identitas budaya ‎dalam komunitasnya atau tidak sesuai ‎dengan gaya hidup dan tingkat pendapatan ekonominya.‎

Kebudayaan adalah seperangkat data intelektual, emosional, dan material, dan dibedakan oleh ‎ciri ‎utamanya dalam hal kekuatan dan fleksibilitasnya menurut situasi yang berbeda, dan budaya ‎bagian yang terdidik ‎karena apa yang budaya tidak diwariskan secara biologis, melainkan melalui ‎asimilasi, yang menjadikan ‎budaya sebagai warisan sosial, atau apa yang individu pelajari untuk ‎hidup dalam ‎komunitasnya. Dengan demikian budaya masuk ke dalam sosialisasi dan partisipasi ‎yang membuatnya menjadi ‎karakteristik yang menunjukkan bahwa kriteria dasar untuk fenomena ‎budaya adalah partisipasi ‎individu sebagai anggota masyarakat dengan sekelompok orang dalam ‎situasi yang berbeda.‎

Budaya adalah Produktivitas Masyarakat

Ada hubungan erat antara budaya dan masyarakat, ‎keduanya bertemu bersama seperti dua sisi ‎mata uang yang sama. Jika tidak ada individu atau ‎masyarakat, maka tidak akan ada budaya. ‎Begitu pula jika tidak ada budaya, tidak akan ada ‎masyarakat, karena budaya merupakan ‎kebutuhan mendesak bagi setiap individu dalam sosial masyarakat, ‎karena memiliki peran penting ‎dalam mentranformasi dan pembentukan individu, yang harus berperan penting dalam ‎melestarikan budaya, mengembangkan dan ‎memperbaharuinya.‎

Demikian pula budaya adalah cara hidup masyarakat dan pola kehidupannya, dan masyarakat ‎adalah ‎kehidupan itu sendiri dan merupakan fakta penting dalam kehidupan individu. Dari orang ‎lain, individu ‎itu sendiri tidak dapat melanjutkan hidup, karena dialah yang memungkinkan ‎kehidupan sosial, dan ‎eksistensi individu tidak tergantung pada keberadaan masyarakat saja, ‎tetapi budaya itu sendiri ‎tidak akan muncul dan memperdalam akarnya tanpa kehadiran ‎masyarakat. Oleh karena itu, penulis ‎menemukan bahwa setiap masyarakat memiliki budaya ‎sendiri yang menentukan tujuannya, seperti ‎tidak ada masyarakat manusia tanpa budaya, dan ‎tidak ada budaya tanpa masyarakat.‎

Dan budaya terus berubah, dan perubahannya mungkin lambat atau mungkin cepat, dan ‎masyarakat ‎selalu berubah, tetapi kecepatan ruang lingkup dan arah perubahan sosial dan budaya ‎berbeda dari ‎satu masyarakat ke masyarakat lainnya di dalam kontak sosial antar budaya.‎

Oleh karena itu, ketika budaya berubah, masyarakat juga akan berubah karena budaya ‎adalah ‎buatan manusia. Perubahan budaya dianggap sebagai proses perubahan ‎manusia yang dipupuk ‎oleh pemikiran, penemuan kreatif dari sisi artistik.‎

Hal ini tidak berarti bahwa budaya dibuat ‎oleh individu atau generasi tertentu. karena salah satu ‎ciri terpentingnya adalah akumulasi, asimilasi ‎dan penyebaran dari setiap budaya, sehingga ‎apapun sifatnya dipastikan mengalami proses perubahan. Perubahan ‎budaya dapat berasal dari ‎dalam masyarakat melalui penemuan dan inovasi, dan mungkin datang ‎dari luar melalui ‎penyebaran fitur budaya baru dari budaya lain.‎

Selain itu, perubahan budaya mencakup semua perubahan yang terjadi pada setiap ‎cabang ‎kebudayaan, termasuk seni, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan nilai-nilai ‎keagamaan, di samping perubahan yang ‎terjadi pada bentuk dan aturan organisasi sosial.‎

Masyarakat biasanya menerima perubahan kultur budaya dengan hati-hati dan mereka ‎menerima ‎perubahan material lebih cepat daripada mereka menerima perubahan immaterial.‎

Oleh karena itu, ada perbedaan permanen antara kemajuan teknologi dan perubahan ‎nilai, dan ‎alasan utamanya adalah bahwa teknologi berubah sebagai tambahan, sedangkan nilai ‎berubah ‎dengan substitusi, yaitu dengan menyingkirkan tren, kebiasaan gaya hidup, dan cita-cita yang ‎lama dan ‎menggantinya dengan tren, kebiasaan, dan cita-cita yang baru.‎

Transisi menuju globalisasi adalah salah satu faktor terpenting perubahan budaya di zaman ‎mutakhir dan ‎globalisasi memiliki banyak aspek dan dimensi, termasuk dimensi ekonomi, politik, ‎media, budaya dan ‎sosial. Oleh sebab itu, faktor globalisasi memiliki dampak yang signifikan ‎mengenai ‎proses perubahan budaya bagi masyarakat, dan banyak perubahan budaya yang terjadi ‎dalam ‎budaya saat ini dari beberapa individu dan kelompok masyarakat.‎

Pengaruh Tranformasi Budaya dalam Aspek Nilai Agama di Indonesia

Salah satu yang mempengaruhi perubahan budaya adalah religiusitas formal. Hal ini adalah ciri ‎agama yang autentik, tetapi jenis religiusitas ini mungkin sering dikaitkan dengan ‎dominasi ‎persepsi metafisik dan keyakinan takhayul dan popularitas nilai keagamaan itu sendiri. Serta ‎duplikasi ketaatan yang ‎berlebihan terhadap ibadah tanpa menrcerminkannya dalam kontak sosial ‎di ruang publik.

Tampaknya, ciri terpenting ‎dalam konteks ini adalah kecenderungan ekstremisme ‎agama, yang mengiringi penyebaran manifestasinya dalam kelompok masyarakat, sehingga ‎direpresentasikan dengan melebih-‎lebihkan manifestasi nilai keagamaan dengan cara yang tidak ‎dikenal masyarakat sebelumnya, yang dapat ‎menyebabkan banyak ketegangan dan dialog ‎perbedaan pendapat yang disaksikan oleh masyarakat.‎

Perubahan kultur budaya masyarakat yang dialami masyarakat Indonesia selama seperempat ‎terakhir pada abad ‎ke-20, menemukan banyak perubahan yang saling bertentangan dalam ‎berbagai aspek ‎kehidupan, beberapa di antaranya terkait dengan aspek politik, dan lainnya terkait ‎dengan ekonomi. ‎serta terkait dengan aspek sosial, yang tercermin secara jelas pada masyarakat ‎dengan berbagai ‎segmen, kelas, institusi dan kegiatannya, juga memungkinkan untuk memantau ‎beberapa perubahan ‎strategis yang mengubah jalan kehidupan di semua bidang ekonomi, politik ‎dan sosial, yang pada akhirnya tercermin dalam praktik kegiatan rekreasi para pelancong wisata ‎dari luar negeri.‎

Dan rekreasi wisata merupakan efek yang paling efektif untuk menemukan solusi untuk sebagian ‎besar ‎masalah sosial, karena membantu mengisi waktu luang sambil mengembangkan dan ‎memperkuat ‎sistem nilai dalam masyarakat, melalui pembentukan seperangkat pengetahuan, ‎aturan dan ‎pola nilai dan perilaku yang konsisten dengan model masyarakat yang diterima secara ‎umum.‎

Tujuan rekreasi dalam masyarakat telah menjadi ‎investasi positif untuk rekreasi atau produksi, ‎meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat untuk ‎mengurangi pengeluaran medis dan ‎memperkuat semangat kebangsaan untuk mencapai rasa memiliki ‎di antara individu dan ‎menyebarkan nilai-nilai sosial yang ideal.‎

Oleh karena itu, tujuan ini diterjemahkan melalui kecenderungan negara untuk mendirikan ‎lembaga-‎lembaga kegiatan rekreasi wisata untuk menyebarkan dan mengembangkan kegiatan ‎rekreasi untuk ‎memenuhi kebutuhan berbagai sektor masyarakat, terutama kaum muda, setelah ‎negara mengadopsi ‎kebijakan keterbukaan ekonomi dengan efek negatifnya, serta ‎pengangguran dan waktu ‎luang yang diciptakannya, yang pada akhirnya menyebabkan ‎kekosongan nilai-nilai agama, intelektual ‎dan moral, sebagai peluang untuk interaksi sosial dan ‎hubungan sosial yang disediakan bagi individu dan kelompok masyarakat. (Tras – Soial Budaya)

 

Note: Ahmad Karim Amrullah lahir di Paya Benua, Kepulauan Bangka Belitung. Karim aktif sebagai jurnalis di salah satu media lokal, juga kolumnis sosial-budaya. Di samping itu, ia merupakan Founder Perpustakaan Rakyat yang diberi nama “Gerobok Pustaka”. Ia juga menekuni aktivitas-aktivitas ilmiah seperti menterjemahkan naskah-naskah Sastra berbahasa Asing dan mendalami ilmu kebahasaan. Karim juga pegiat sastra yang saat ini bermukim di Kabupaten Bangka.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.